Sabtu, 26 Juli 2014

Habibie : Tak Boleh Lelah & Kalah ~ Untuk Generasi Muda Indonesia

Habibie, sebuah nama yang tak akan lekang dimakan zaman dan sejarah bangsa Indonesia. Bangsa ini beruntung memiliki Habibie yang segala jerih payah hidupnya sebagian besar ia berikan untuk bangsa. Dalam buku "Habibie : Tak Boleh Lelah dan Kalah! ~ Menikmati 50 Gagasan Brilian sembari mengenang momen kehidupan eyang" yang merupakan "persembahan spesial untuk generasi muda Indonesia" beliau memaparkan hal-hal luarbiasa.

Dari 50 Gagasan beliau, beberapa gagasan menarik perhatian saya.

Adalah Gagasan ke-13 : Menghalau Hambatan
"Yang diperlukan oleh anak muda Indonesia untuk terus menjaga semangat dan tak pernah putus asa mengejar cita-cita serta mampu menghalau hambatan-hambatan yang dilaluinya adalah SUKSES dalam membuat karya nyata"

Adakalanya kita hidup dan menjalani rutinitas keseharian tidak dalam jalur yang kita inginkan, bahkan mungkin kita menyesalinya. "Kenapa kita ada dalam situasi seperti ini?" "Ini bukanlah kehidupan yang saya inginkan" "Saya tak semestinya menjalani hidup yang tidak sesuai dengan keinginan saya". Yakinilah bahwa itu semua hanyalah hambatan-hambatan yang pasti setiap orang pernah mengalaminya, bahkan pada orang yang sangat menyukai apa yang ia kerjakan saat ini dalam hidupnya.

Jadi, semakin besar terpaan cobaan itu menimpa diri kita, hanya dengan sabar dan usaha untuk menghalaunya, kita bisa menghalau hambatan-hambatan tersebut. Perlahan tapi pasti segala hambatan tersebut akan sirna setelah kita membuat langkah-langkah menghalaunya dengan membuat karya nyata. Ya, kita berusaha membuat apa yang kita lakukan menjadi kerja nyata yang bermanfaat.

Saya pun masih belajar menghalau berbagai masalah dalam jalan hidup yang saya pilih, jelas tidak mudah. Namun saya telah merasakannya, Allah menunjukan setiap jalan pasti ada hambatan, dan dalam setiap hambatan ada kemudahan. Dan tak berhenti disitu, tak jarang Allah memberikan bonus pada siapa saja yang bersabar menghalau hambatan. Serius, itulah yang saya alami.

Bermanfaat untuk orang banyak...

Adalah gagasan-gagasan ini yang berorientasi "kebermanfaatan pada orang banyak" :


  • 2. Utamakan Karya Nyata, Bukan Citra --> sehingga bisa dinikmati & bermanfaat bagi masyarakat
  • 3. Tugas Generasi Muda Indonesia : Meningkatkan disiplin, produktivitas, dan kualitas berpikir, bekerja, serta berkarya sesuai kebutuhan masyarakat disekitarnya.
  • 18. Menumbuhkan Rasa Cinta Kepada Negeri
  • 33. Menumbuhkan Semangat Mencintai Bangsa
  • 46. Menciptakan Iklim Kebersamaan Pada Segenap Unsur Bangsa


Dari 50 gagasan beliau dalam buku ini, yang saya identifikasi berorientasi pada kebermanfaatan orang banyak ada lima. Pak Habibie sejak sekolah di Jerman telah mengukuhkan hatinya untuk mengabdi pada bangsa Indonesia. Ia tuliskan keluh kesah dan sakitnya perjuangan untuk bisa bertahan menimba ilmu di negeri yang jauh dari Indonesia.

SUMPAHKU!

Terlentang!
Djatuh! Perih! Kesal!
Ibu Pertiwi, Engkau Pegangan
Dalam Perjalanan
Djandji Pusaka & Sakti
Tanah Tumpah Darahku
Makmur & Sutji
Hantjur Badan Tetap Berdjalan
Djiwa besar & Sutji
Membawa Aku....Padamu!!

B.J. Habibie

Silakan baca buku ini :)

Berikut video Bedah Buku nya :


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial