Selasa, 29 Juli 2014

Anies Baswedan : Melampaui Mimpi

"Anak muda memang minim pengalaman, maka dia tak menawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan" ~ Anies Baswedan

Entah kapan saya mulai tertarik dengan sosok Anies Baswedan. Mungkin bermula ketika beliau terpublikasi luas karena gagasan Indonesia Mengajar. Ya, bahkan saya pun punya buku pengalaman guru-guru inspiratif Indonesia Mengajar, walau saya tak pernah baca buku biografi Anies Baswedan.

Saya kemudian tertarik membaca buku mengenai sosok Anies Baswedan, judulnya : "Melampaui Mimpi ~ Anies Baswedan" yang ditulis Syafiq Basri.

Terbuka wawasan saya mengenai sosok fenomenal ini lewat buku tersebut. Anies Baswedan adalah seorang Indonesia yang membawa harapan, bukan ratapan! Cobalah anda searching di internet adakah perkataan dan gagasannya berupa ratapan? Semua harapan.

Yang khas dari sosok intelektual Anies Baswedan adalah tutur katanya yang runut dan sistematis, ketika Anies Baswedan berucap maka kita seperti mendengarkan sebuat teks pidato yang sudah direncanakan secara matang, rapi dan terstruktur dengan baik.

Dalam buku ini juga disinggung mengenai keterlibatan Anies Baswedan dalam politik di Indonesia. Banyak yang mencibir beliau karena mau-maunya terjun ke kolam hitam politik Indonesia.

Namun beliau bisa menjawabnya dengan alasan yang sangat masuk akal dan sulit dibantah!

"Jika orang tak bermasalah masuk politik dipermasalahkan, lalu siapa yang akan mengatasnamakan kita 5 tahun kedepan?" (Anies Baswedan, 8 Desember 2013)

Inilah yang merubah mindset banyak orang, kita cenderung antipati dengan yang namanya politik, padahal masa depan hidup kita tergantung oleh politik yang saat ini mayoritas dipegang oleh orang yang bermasalah. Lalu apakah salah ketika ada orang baik yang ingin masuk politik dan berniat untuk memperbaiknya?

Sebuah pemikiran-pemikiran kritis, visioner dan membangun seperti inilah yang membuat saya yakin bahwa Anies Baswedan layak diharapkan menjawab banyak persoalan bangsa.
Anies Baswedan jadi Presiden?

Bukan tak mungkin beliau menjadi suksesor Pak Jokowi-JK tahun 2019 nanti, hehe...ini mimpi saya : saya prediksi Pak Jokowi itu akan jadi presiden dua periode. Periode kedua Pak Jokowi akan didampingi oleh Pak Anies Baswedan sebagai wakil presiden.

Kemudian pada tahun 2024 nanti, Pak Anies jadi Presiden dan wakilnya mungkin saja Pak Ridwan Kamil. Hahha...mimpi saya :)

Lainnya...

Dalam buku ini juga disertakan berbagai gagasan Anies Baswedan mengenai berbagai persoalan bangsa. Namun saya menilai bahwa beliau lebih concern dalam hal pendidikan, beliau sangat peduli pendidikan, terutama soal kualitas guru, beliau yakin bahwa anak didik akan pintar jika gurunya pandai mendidik.

Oleh karena itu saya ingin agar orang baik ini jadi Menteri Pendidikan di era Pak Jokowi-JK.

Buku yang menarik :) namun tak secara sistematis mennggambarkan sosok Pak Anies Baswedan. Semoga ada yang bersenang hati menulis Biografi Pak Anies Baswedan.


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial