Kamis, 20 September 2012

Selamat Memimpin Jakarta, Pak Jokowi !

Hei, Jakarta punya pemimpin baru... walau baru dipastikan berdasarkan hasil QuickCount tadi siang, tapi nampaknya aroma kemenangan dari pihak Jokowi-Basuki sudah menyebar dan euforia pendukungnya sudah terlihat dimana-mana. Bahkan Solo yang jadi asal Jokowi menjadi salah satu tempat yang ramai mengadakan nonton bareng quickcount ~ sebuah budaya baru 'nobar quickcount' ~.

Saya sebagai warga Indonesia mengucapkan selamat pada pasangan yang terpilih. Walau saya bukan warga DKI Jakarta, tapi saya salah satu perantau yang merasakan dinamika hidup di Jakarta selama kurang lebih 8 tahun. Sejak Gubernur Sutiyoso sampai Pak Fauzi Bowo. Dan akhirnya saya harus pasrah karena saya merasakan dipimpin oleh tiga gubernur yang semua namanya berakhiran "O" ~ Sutiyos'o' > Fauzi Bow'o' > Joko Widod'o' ~ hahaha...


Sebagai warga negara kita tahu bahwa Jakarta adalah barometer atau refleksi dari kehidupan perpolitikan bangsa Indonesia pada umumnya. Sehingga gejolak apapun yang terjadi di Jakarta imbasnya bisa sampai dirasakan oleh rakyat di pelosok negeri ini. Oleh karena itu marilah kita bersyukur Pilkada DKI Jakarta berakhir aman, nyaman, dan damai. Tidak ada ricuh yang terlalu, tidak ada demo yang terlalu, dan tidak ada baku hantam yang terlalu. ~semoga saja benar-benar tidak ada~

Dilihat dari hasil Pilkada kali ini nampaknya Jokowi-Basuki berhasil mendapatkan hati warga Jakarta. Baik dari kalangan bawah pada umumnya dan juga dalam beberapa TPS di lingkungan warga berpendidikan menengah keatas. Pasangan ini didukung oleh banyak kalangan terdidik dan tentunya paling tidak tak asal dalam memilih pemimpinnya.

Partai tak lagi menentukan...

Dilihat dari perkembangan perpolitikan Indonesia yang saya amati, bangsa Indonesia semakin cerdas memilih pemimpinnya. Partai bukan lagi sebagai tolak ukur apakah seorang calon bisa mendapatkan kedudukan atau tidak. Bangsa ini sekarang melihat figur dan ketokohan dari sang calon. Dan bagaimana track-record nya sehingga dapat dipercaya memimpin. 

Kartu Jakarta Sehat nya Jokowi dan mahasiswa Kesehatan Jakarta..

Jika Jokowi sudah dilantik secara resmi nanti nampaknya hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan juga kalangan terdidik di bidang kesehatan adalah janjinya merealisasikan program 'Kartu Jakarta Sehat'. Sebuah program adopsi dari program serupa di Solo ketika menjadi walikota Solo. 

Mahasiswa kesehatan sebaiknya mengikuti sepak terjang dari rencana ini. Karena sangat mungkin kita akan merasakan bagaimana regulasi dari Kartu Jakarta Sehat ini. Jika kita perhatikan dalam debat cagub terakhir di MetroTV kemarin, Ahok mengatakan bahwa Kartu Jakarta Sehat ini akan bersinergi dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tepatnya pada 2014 nanti. Nah, kalau begini maka penting bagi mahasiswa ~khususnya yang akan berdomisili di Jakarta~ untuk tau betul bagaimana regulasi Kartu Jakarta Sehat ini.

Pak Jokowi, Segera Selesaikan MRT dan Rail Bus ! 

Hmmm...sebenarnya dari semua rancangan program yang pernah diutarakan pasangan Jokowi-Basuki saya paling kesemsem sama realisasi secepat mungkin program MRT dan syukur-syukur juga Rail Bus. Ini menurut saya prioritas utama. Kalau tak mau Jakarta tenggelam dalam lautan kendaraan dan stuck dalam hitungan beberapa tahun kedepan, maka kedua program ini menurut saya kudu jadi dan tanpa 'tapi'! Segera selesaikan ya Pak Jokowi !

Ya, sedikit hasil pengamatan saya mengenai Pilkada DKI Jakarta.. hanya sekedar sharing.

Dihari yang bertepatan dengan Hari Mahasiswa Kedokteran Indonesia, Saya mengucapkan :

Selamat Pak Jokowi atas kemenangannya !
Hebat Pak Fauzi Bowo yang udah legowo !


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial