Jumat, 21 September 2012

The Alchemist : Hakikat Mimpi & Kerja Keras

"Kalau kau menginginkan sesuatu, seisi jagat raya akan bekerja sama membantumu memperolehnya" 
Raja dalam kisah The Alchemist (Paulo Coelho)

Dikisahkan seorang penggembala domba bernama Santiago di kawasan Andalusia berkali-kali bermimpi akan menemukan harta karun dalam hidupnya. Dan dalam mimpi itu dia melihat bangunan-bangunan besar piramida. Melalui sebuah pertanda-pertanda yang membuatnya masuk dalam sebuah skenario alam yang mengantarkannya pada harta karun tersebut, Santiago berkali-kali harus jatuh bangun untuk mencapainya.


Keraguan berkali-kali menghampirinya. Dia berkali-kali nyaris putus asa bisa menemukan harta karun tersebut. Dia beralasan semua ini berawal dari mimpi, dan layakah ia mengorbankan segala hal untuk mencapai sebuah mimpi yang belum tentu adanya?

Kisah yang sederhana dan sarat makna tergambarkan dalam sebuah novel karya Paulo Coelho "Sang Alkemis". Sang penulis yang nampaknya sudah melegenda ini melukiskan hakikat usaha dan harapan akan tujuan hidup. Bukanlah tempatnya bagi manusia untuk putus asa. Manusia dianugerahkan segala potensi dalam diri untuk bisa mencapai kebaikan bagi dirinya dan juga lingkungannya.

Dan melalui kisah dalam buku ini kita akan belajar bagaimana makna dari syukur. Ketika kita bersyukur akan apa yang sudah kita punya dan bersikap tidak berlebih-lebihan akan apa yang sudah kita miliki maka Allah ~alam semesta yang ada dalam genggaman-Nya~ akan merespon dengan memberikan pertanda-pertanda yang menjadi kunci untuk mencapai tahapan-tahapan berikutnya dari mimpi kita.

Dalam menggapai mimpi, adakalanya dalam prosesnya kita akan menemui ujian dan hambatan. Alam bukannya ingin menghambat keinginan kita. Sebaliknya alam ingin kita mendapatkan hakikat dari setiap eskalasi dalam mencapai mimpi itu. Sehingga kita menjadi insan yang selalu terbaharui dan semakin bijaksana dalam menghadapi hidup.

Bermimpilah dan alam akan menunjukan jalan mencapainya...

Pradipta Suarsyaf
buku ke #45 !...tinggal 5# buku lagi... 


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial