Jumat, 09 April 2010

PEDULI KESEHATAN REPRODUKSI

Kehidupan masyarakat sangat bergantung pada lingkungannya. Jika lingkungannya baik, maka dirinya pun insyaAllah akan baik pula. Bila kita menelusuri hal ini lebih dalam pada kehidupan pemuda saat ini, maka saat ini pemuda Indonesia tengah dilanda kehancuran. Salah satu kehancuran yang mulai tampak terlihat dari degradasi moral para pemuda itu sendiri. Degradasi moral tentunya tak lepas dari lingkungan yang membentuknya. Hal ini tergambar dari perilaku seksual yang mulai menyimpang dari pemuda saat ini. Jika dilihat berdasarkan fakta maka Indonesia adalah termasuk negara dengan tingkat Infeksi Menular Seksual-nya tinggi. Di dunia, wilayah Asia Selatan Tenggara merupakan peringkat ke-2 dalam Infeksi Menular Seksual, termasuk Indonesia. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa secara global setiap harinya terdapat satu juta kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) / Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) yang bisa diobati, belum lagi yang tidak bisa diobati.

Perlu adanya pencerdasan pada masyarakat mengenai pentingnya kesehatan reproduksi. Hal ini sangat penting karena ketika hal ini bermasalah akan menciptakan suatu lingkar setan yang tak mudah untuk dihilangkan. Perilaku pemuda saat ini, seperti melakukan seks pra-nikah merupakan hal yang tak bisa kita terima. Hal ini jelas-jelas merusak masa depan bangsa ini. Jika hal ini tak ditanggulangi maka masalah-masalah lain terkait kesehatan reproduksi akan terus bertambah. Dan itu sudah terjadi, penyakit menular seksual dikarenakan seks bebas sudah menyebar dimana-mana. Sebut saja sifilis, gonore, klamidia, dan trikomoniasis merupakan sedikit contohnya.

Itu sedikit ilmu yang bisa saya tuliskan disini dari Seminar Nasional Kesehatan Reproduksi yang diadakan oleh BEM FKK UMJ yang disponsori oleh The United Nations Population Fund (UNFPA), Departemen Kesehatan RI, BKkbN, dan Pocari Sweat pada hari ini (9/4/10) di Gedung Rektorat UMJ. Saya bersama 4 teman pendidikan dokter UIN SH (Husnita Thamrin, Dian Pratiwi, Rahmatul F, dan Putra) mengikuti acara ini terkait tema Riset kami yaitu Reproduksi. Hasil Riset ini nantinya merupakan syarat mendapatkan gelar sarjana kedokteran, begitu pun di semua fakultas kedokteran lainnya (kalau saya tidak salah seperti itu..).

Setidaknya melalui seminar ini kami mendapat gambaran mengenai kondisi kesehatan reproduksi secara umum. Saya pikir ini dapat membantu dalam penyusunan Laporan Riset kelak. Dan tentunya saya mengharapkan agar kita semua peduli terhadap kesehatan reproduksi, baik itu pada diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Karena secara tidak langsung jika kita melaksanakannya kita telah berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan reproduksi masyarakat dan bangsa ini, Indonesia.


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial