Rabu, 08 September 2010

Mukadimah Modul Tumbang!

Iseng-iseng ubek-ubek Prof. Google Saya mendapat info menarik mengenai Modul yang akan Saya jalani di Semester 3 >> Modul Tumbuh Kembang. Sebenarnya link yang dikasih Prof Google itu udah ga bisa dipake, tapi ternyata 'beliau' masih berbaik hati memberikan link cache pada Saya. Hatur nuhun Prof! Info Modul ini terkait apa yang akan dipelajari dan apa yang harus dikuasai di Modul ini. Mantap gak tuh ?

Nah satu lagi, Saya mendapat bahan kuliah fresh dari FK UI yang bisa di pelajari sebelum masuk kuliah Modul Tumbang! Mau? Ayo lanjut.....^^


Salah satu fungsi kehidupan adalah reproduksi, yang bertujuan untuk keberlangsungan dan mempertahankan suatu spesies. Fungsi reproduksi akan menghasilkan keturunan yang kemudian akan mengalami proses tumbuh kembang -yang diharapkan- proses tersebut berjalan dengan baik. Ketelitian Sang Pencipta dalam merekayasa pertumbuhan manusia mulai dari satu sel yang tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya patut dicermati dan disyukuri.

Agar fungsi reproduksi berjalan baik dan menghasilkan generasi penerus yang baik diperlukan sejumlah persyaratan, antara lain :
  • Alat reproduksi harus sehat
  • Sarana penunjang fungsi reproduksi optimal
  • Pengelolaan hasil reproduksi harus dipersiapkan sebaik-baiknya sebelumnya
Karenanya dalam mempelajari sistem reproduksi diperlukan berbagai tinjauan, yaitu dari segi anatomi, histologi, fisiologi, biokimia, dan lingkungan kehidupan. Selain itu, agar seluruh proses reproduksi berjalan dengan baik diperlukan pengaturan sistem reproduksi melalui fungsi persarafan dan hormonal serta faktor penunjang yaitu nutrisi yang akan dibahas dalam kajian ilmu gizi. Kesehatan reproduksi, termasuk perkembangan selama kehamilan serta kemampuan menyusui adalah faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tumbuh kembang individu yang dilahirkan.

Pertumbuhan janin sejak di dalam rahim, menarik untuk dipelajari. Dalam proses tumbuh kembang terdapat 3 fase dan setiap fase menggambarkan pertumbuhan yang spesifik. Proses tersebut meliputi pertambahan jumlah sel, diferensiasi sel menjadi suatu organ, dan dilanjutkan dengan pematangan fungsi dari berbagai organ.

Banyak faktor mempengaruhi proses tumbuh kembang janin sampai dewasa, yaitu faktor biologis, fisik, psikologik, serta sosial. Berbagai keadaan dalam keluarga yang juga merupakan faktor bio-fisik-psiko-sosial sangat berpengaruh atas optimalnya pertumbuhan dan perkembangan manusia itu sendiri.

Dilandasi pengertian mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi proses reproduksi dan tumbuh kembang, maka mahasiswa kedokteran diharapkan dapat memahami reproduksi serta proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pengetahuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan pola pikir ilmiah medik maupun untuk aplikasi klinik di kemudian hari.

Proses belajar di tingkat II berlangsung dengan cara pembelajaran terintegrasi, yang menggabungkan cabang ilmu Anatomi, Histologi, Ilmu Faal, Biokimia, Ilmu Gizi dan Ilmu Kedokteran Komunitas dalam satu urutan waktu. Pada tahap awal, mahasiswa diperkenalkan dengan setiap cabang ilmu melalui modul pengantar. Selanjutnya, berdasarkan tema tertentu mahasiswa belajar tentang cabang ilmu terkait dalam modul terintegrasi. Dalam modul ini, mahasiswa mempelajari berbagai hal yang terkait dengan fungsi reproduksi baik perempuan maupun laki-laki yang akan mempengaruhi kualitas keturunan yang dilahirkan. Selanjutnya akan dibahas proses tumbuh kembang serta berbagai faktor yang mempengaruhinya sejak janin hingga remaja.

Pada akhir pembelajaran modul, mahasiswa mampu menjelaskan :
  • Hubungan struktur dengan fungsi alat reproduksi, tahapan pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Proses perubahan struktur makroskopik, mikroskopik dan biokimiawi yang terjadi pada proses reproduksi dan tumbuh kembang
  • Kaitan status gizi dengan kemampuan bereproduksi dan tumbuh kembang
  • Menginterpretasi parameter sistem reproduksi normal pada tubuh manusia untuk dapat melakukan proses reproduksi
  • Peran psiko-sosial dalam reproduksi dan tumbuh kembang manusia
Info diatas dapat dari link ini : ikdu.fk.ui.ac.id (tapi link ini dah ga aktif)

Lanjut.....
Nih tak kasih link download Bahan Kuliah Modul Tumbang dari Kuliahan Anak FK UI 2009 :
>>>>>>>> Download Lewat Sini <<<<<<<<<<

Mantap kan bro sekalian? Moga bermanfaat yo!
Nah, silakan kalo mau komen ya komen... hehe..
Yang mau isi "Buku Tamu" silakan... ntu klik aja tab hijau disebelah kanan layar trus isi dah..

Okelah... Cukup. Saye pergi dulu ke Padang ya^^ Assalamu'alaikum...
Sampai ketemu di Modul Tumbang^^


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial