Jumat, 12 Juni 2015

Pengalaman Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur

Masih dengan tatapan heran dan dalam benak "kenape nih pak polisi nyuruh mobil gw minggir?"

Tepatnya 1 Juni 2015 ceritanya saya ditilang. Pak polisi bilang saya melanggar aturan masuk jalur busway. Aiih...mana jalur busway nya ya? Jelas2 saya ga lihat. Saya minta hanya dalam bentuk teguran saja pak polisi ga mau, karena ceritanya lagi nih Polisi lagi gencar ngejalanin OPERASI PATUH JAYA. Apalah itu, yg jelas saya ditilang :) saya berusaha jadi WNI yg baek dan ga mau nyogok tuh polisi. Pikir2 kali2 gapapa juga ikut sidang...hahaha.

Akhirnya saya diberi slip merah untuk mengikuti Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Jumat, 12 Juni 2015.



Jumat, 12 Juni 2015, saya hadir di PN Jaktim terlalu pagi. Pukul 07.00 (hmm...kurang malah) saya sudah disana. Masuk depan gerbang aja udah banyak Ahli Calo Tilang nawarin jasa. Saya cuma lambaikan tangan tanda "ga usah".

Saya parkir di belakang gedung PN. Sekilas ni gedung lumayan bagus, yaaah terawatlah. Bergegas saya ke Loket Tilang di sisi kiri gedung yg ternyata belum buka bro. Jadilah saya tunggu sambil ngaso dan ngobrol basa-basi dengan pelanggar lalu lintas yg lain. Hahaha...senasib sepenanggungan.

Eh, tak dinyana...kita diminta oleh petugas PN untuk menunggu di depan pintu belakang gedung PN karena pembagian No.Panggilan Sidang dilakukan disana, didepan 2 meja yg berada disisi kanan dan kiri pintu masuk.

Okeh, nunggu sampe capek akhirnya datang petugas yg bawa kresek hitam berisi No.Panggilan Sidang. Kita diminta baris, dengan sigap saya baris paling depan, hahaha... nih buktinya :

Udah dapet nomor panggilan sakti itu saya menuju Ruang Sidang 8. Ternyata sidang baru dimulai jam 9 gan. Yaa nunggu lagi, klo udah gini cari spot terbaik yg ada colokan dan bisa duduk santai :) nunggu dah sambil baca buku n charging hp.

Jam 9 pun tiba. Hakim sidang masuk. Aiiih, berasa penjahat gitu gw. Nah, akhirnya disebut tuh satu2 no.panggilan nya yang ternyata ga ngurus sesuai no.yg kita dapat. Walau saya dapat no.sakti, saya baru orang yg disidang ke20 sekian lah...hahaha, dan pas maju dipanggil, "No.1" semua orang riuh...waaah dateng pagi2 baru maju! Hahahaha...sok cuek ajalah maju kedepan hakim. Wkwkw...

Sama sekali ga seperti yg saya bayangkan sidang tilang ternyata kek gini ya. Hahaha...kita ga bisa bela diri karena kita dapet surat tilang merah, jadi pasrah aja dikenain denda berapa.

Akhirnya Pak Hakim bilang "denda 100 ribu ya" sambil nulis di surat tilang merah gw.. trus petugas ngegiring gw ke ruang sebelah buat bayar denda ditempat. Gw rogohlah 100rb. Ngantri bentar...gw dipanggil, nah pas ngasih 100rb, tuh petugas mintanya 101.000 rupiah. Eh, ternyata semua yg kena denda ditambahin uang tilang nya serebu rupiah. Entah itu maksudnya ape? Pungutan liar kali...hahaha, yaaah males juga nanyainnya, kasih ajalah serebu. Cuma doa semoga emang ada aturannya itu tambahan serebu rupiah, klo ga ada dan serebu itu masuk kantong pejabat pengadilan gw ga bisa bayangin keluarganya makan uang haram.. na'udzubillah.. hati-hati pak pengadilan ya.

Akhirnya sim A gw balik dengan kondisi menge askan (hahaa...) udah di staples sana sini. Hahahha...alhamdulillah udah balik lah jadi bisa nyetir dengan tenang.

Ternyata ga lama lah kalo kita mau ngurus sidang sendiri. Niatnya baik supaya duit kita ga disalahgunakan, dari pada masuk kantong polisi kan mending masuk kas negara yg keuntungannya buat kita juga, walau harus expand time sih buat ngurus nya.

Nah, selesai dah...cabut dari PN jaktim lgsg ngacir ke RSCM jemput istri tercinta :)


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial