Selasa, 20 Maret 2012

Outstanding : 47 Strategi Jadi Organisasi Luar Biasa

Yosh..setelah cukup melanglang buana di samudra perpolitikan kampus akhirnya saya bisa juga menyempatkan waktu posting sedikit cerita mengenai buku yang saya baca :) Setidaknya ini adalah buku ke 12 dari 50 target buku yang harus saya baca sampai dengan akhir semester 6 ini. T.T hoho...masih cukup jauh ya..
bismillah :)

Ceritanya buku ini berjudul "Outstanding". Sebuah buku karya John G. Miller seorang penulis buku terkenal QBQ! The Question Behind Question. Lalu apa isi dari buku sakti "Outstanding" ini?


Buku "Outstanding" ini berisikan 47 Strategi Jitu Menuju Organisasi yang Luar Biasa. Sangat jelas bukan buku ini membahas apa? 



47 Strategi yang John G. Miller jelaskan ini memiliki keunikan dan unusual. Ini saya coba ceritakan salah satunya. 


Bab ke 41 : Hindari Segala Sesuatu Berbau Visi

Wah..ini sama seperti yang saya fahami terkait visi yang sering diungkapkan oleh organisasi. Oya, kita harus bedakan ya antara visi dan misi. Kedua hal ini sungguh berbeda.

Visi adalah apa yang diharapkan suatu organisasi untuk dilihat / dicapai oleh entitas itu di masa depan. Sedangkan Misi adalah pertanyaan yang krusial tentang mengapa, alasan untuk memperkokoh keberadaan entitas. Ya, intinya misi itu beberapa poin penting yang merepresentasikan visi organisasi secara khusus.

Nah, kata buku "Outstanding" ini visi itu sama sekali tidak berguna! Mengapa? karena visi itu tidak dapat meningkatkan produktivitas dan kapabilitas. Bahkan kita tau sendiri bagaimana sebuah visi itu bukan? rata-rata hanya berisi slogan-slogan yang tidak berarti, "Menjadi yang Terbaik" "Menjadi organisasi yang terbaik" dan lainnya.

Coba lihat berapa banyak organisasi yang punya visi misi tapi pada akhirnya dalam kerja organisasi sehari hari visi misi itu terlupakan. Yah, karena memang hanya diawal organisasi saja itu terpakai, ini juga rata-rata karena semangat awal saja.

Jadi menurut buku ini visi organisasi itu tidak berkaitan dengan apa yang dikerjakan suatu organisasi setiap harinya.

Memang visi ini tidak selama nya tak berguna, namun percaya lah bahwa visi itu hanya diingat sesaat. Ini sedikit percakapan yang menunjukan visi tak terlalu penting :

"Saya setuju dengan rencana 3 sampai 5 bulan dan merumuskan visi yang tepat, tapi saya lebih menaruh perhatian pada apa yang bisa organisasi saya lakukan sebelum makan siang!"

Tahukah sebenarnya bagi sebagian besar orang di organisasi-organisasi luar biasa, yang penting bukan masa depan, tapi masalah yang sedang dihadapi sekarang. Dan pada saat inilah kita berfokus pada kerja organisasi kita! :)

Yup, segitu dulu lah ya...
Ini buku bagus...apa lagi kalau mau mimpin organisasi :)


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial