Selasa, 27 Desember 2011

FIMA & Mahasiswa Kedokteran Islam Indonesia

"Kuliah dimana?"
"Kedokteran Islam"

"Tau FIMA ga?"
"apaan tuh???"


Nah, inilah yang biasa saya dengar. Kita sebagai mahasiswa kedokteran Islam lebih mengenal IFMSA dari pada FIMA. Padahal FIMA merupakan organisasi kedokteran Islam terbesar di dunia. Berdiri pada 31 Desember 1981 (1401 H) di Negara Bagian Indiana, Florida, USA.




Sejarah lengkap FIMA silakan main kesini.

Salah satu pendirinya adalah Dr. Ahmed Elkadi, dokter muslim yang merumuskan makna dari Islamic Medicine, yang pernah saya singgung di tulisan saya di kompasiana (klik disini)

Pada kunjungan belajar Mahasiswa Kesehatan Islam Indonesia yang lalu (16 Desember 2011), Saya dan peserta mendapat kehormatan untuk mendengarkan nasehat dari mantan presiden FIMA, Dato' Dr. Musa.


Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh FIMA :

  1. Bekerjasama dalam bidang medis dimana ada bencana
  2. Mengadakan conference, seminar, dan publikasi jurnal
  3. Pembentukan Consortium of Islamic Medical Colleges (CIMCO), bertujuan untuk mengembangkan kurikulum, pelatihan, penelitian, dan administrasi sebagai model praktisi medis Islam
  4. Pembentukan Islamic Hospital Consortium (IHC), bertujuan membentuk rumah sakit yang berprinsip pada Islam
  5. Publikasi FIMA Year Books
  6. Medical Students Activities (Conference, Publications, Camps, Umrah, & Ziarah)
  7. dan masih banyak lainnya..
Oya, FIMA Year Book bisa di download gratis loh di website nya :
http://fimaweb.net
>> langsung ke tab Publications >> FIMA Yearbook



Penting nih :

Satu lagi.. terkait FIMA Student Camp, terakhir kali diadakan di Indonesia beberapa bulan yang lalu di Bogor. Info nya sampai FKIK UIN hanya tak ada yang bisa ikut karena sedang kuliah. Isu nya FIMA Student Camp ke-14 akan diadakan di Turki. So, siap2 aja kalo mau ikut :)



Dulu kita didukung untuk ikut oleh dosen kita dr. Zaki :) Jadi kalau perlu dukungan bisa ke beliau.. hmm.. kakak kelas kita pspd2005 juga pernah hanpir ikut namun terkendala izin. Semoga dikesempatan yg akan datang ada perwakilan dari kedokteran UIN Jakarta yang bisa ikut ^^



Terakhir... menyambung amanah dari Dr. Musa untuk menyampaikan bahwa ada kegiatan mahasiswa pada FIMA Conference di pertengahan September 2012.. InsyaAllah jika undangan resmi dari Persatuan Perubatan Islam Malaysia - Student Chapter (PPIM-SC) sudah saya terima akan langsung saya publikasikan ^^ Siap-siap ya :)



Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial