Jumat, 30 September 2011

Seminar Report HSS Japan : Be Active with CIMSA !

Rabu lalu (28/9) CIMSA lokal UIN mengadakan Seminar Report dari delegasinya yang ikut serta dalam kegiatan 6th Hiroshima Summer School Japan pada 21-24 Agustus 2011 lalu. Nah, ceritanya delegasinya itu adalah Saya sendiri. Saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara tahunan IFMSA-Japan itu setelah mendapatkan informasi dari googling di internet.


Jadi, di Seminar ini Saya melaporkan apa yang saya dapat dari summer school tersebut. Pada intinya kegiatan ini mengajak kita untuk mengerti akan dampak Atomic Bomb pada kesehatan manusia dan juga mengajak pada perdamaian dunia. Selain itu Saya menjelaskan bagaimana membuat proposal delegasi, buat passport, buat visa, menggaet sponsor (alhamdulillah Saya mendapat tiga sponsor untuk ikut summer school ini : Indosat, Bank Mandiri Syariah, dan Avicenna Book Store), serta tips n trik lainnya.

Saya juga menjelaskan akan pentingnya memiliki passport. Mengapa? Karena passport adalah kunci melihat dunia. Dan dari semua yang saya sampaikan diatas Saya lebih menitikberatkan pada memotivasi peserta Seminar Report bahwa kalau kita mau kita bisa ikut acara seperti ini dengan biaya minimal! Asal punya keyakinan dan sedikit nekat! Pendelegasian Saya ke Jepang 90% dibiayai fakultas, univeristas, dan sisanya sponsor. Total biaya yang saya keluarkan sekitar 16 juta rupiah. Jadi bisa dihitung sendiri berapa biaya yang benar-benar dari kantong pribadi Saya kan?

Mengapa ini penting? Karena saya melihat bahwa kebanyakan dari kita takut ketika melihat biaya kegiatan yang mahal dan akhirnya mengurungkan niat untuk ikut serta. Maka saya lakukan sebaliknya, ketiak saya mengetahui kalau biaya pendafataran ini sekitar 20.000 yen, saya tak pikir panjang, saat itu juga saya layangkan tanda saya mendaftar dan menyertakan segala syarat prasyarat yang diperlukan. Baru setelah saya dinyatakan lulus dan bisa ikut sebagai participant saya urus semua biaya dengan usaha membuat proposal. Memang tak ada yang mudah untuk bisa gratis!^^ Perlu usaha saudara-saudara!

Alhamdulillah, dengan usaha dua pekan saya berhasil mencapai 90% dana kepergian saya ke Jepang dan Saya bisa keliling Jepang dengannya! Saya bisa melihat Kansai International Airport yang dibangun diatas laut itu, lalu melihat kota tersibuk ke-2 di Jepang - Osaka, bisa i'tikaf di Masjid Kobe ) masjid tertua dan pertama di Jepang!), bisa ke Hiroshima ikut summer school plus ke Miyajima (World Heritage), lalu ke Kyushu aka Fukuoka, bisa kunjungi desa Ube tempat Yamaguchi University bertemu dengan Prof. Hatori (ahli Hematologi) bersama Sensei Saya yang lagi ambil post-doctoral disana, bisa lihat indahnya hanabi, lewat Nagoya, dan akhirnya bisa sampai ke salah satu Kota Termahal di dunia, Tokyo. Semua saya lewati hanya dalam 10 hari di Jepang via Shinkansen! (biaya sudah include ya.. yg 90% diatas plus 10% uang saya).


Oiya, dari Indonesia ada empat orang yang mengikuti 6th Hiroshima Summer School 2011 ini. Saya sendiri, lalu dari CIMSA UI ada Eliza Putri, dari FK-UYARSI ada Hanni Dayang Puspitasari, dan Zara Tania Rahmadi dari STIE-YAI. 


Saya bangga bisa menjadi delegasi Indonesia dengan membawa nama CIMSA disana. Semoga lain kesempatan Saya bisa ikut acara seperti ini di tempat yang berbeda^^ Sukses buat semua teman teman CIMSA dimanapun kalian berada!





 

Be Active with CIMSA!
Arigatou Gozaimasu...

Pradipta Suarsyaf
CIMSA Lokal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta





Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial