Senin, 29 Agustus 2011

Sepotong Episode Hidup di Jepang (Part 3)

Pelajaran – 9 : Transportasi tiap kota di Jepang beda.. (Melewati – St. Gifu-Hashima…)
Haha.. ini loh uniknya.. dibeberapa kota di Jepang punya angkutan yang unik seperti di Hiroshima dan Nagasaki, kedua kota ini sejak lama (mungkin sebelum di bom sama Amerika) sudah punya StreetCar. Apaan tuh? Seperti kereta beberapa gerbong yang relnya ada ditengah-tengah kota. Sekali naek klo ga paketan satu hari, ongkosnya 150 yen! Hehe… nampol ya? 16rebuan rupiah bro sekalian..! haha.. Sayangnya kalo ada streetcar kayak gini, langit2 kota jadi penuh sama kabel listrik buat ngejalanin StreetCar itu.. haha..

Hmm.. yang perlu diperhatikan agar bisa hemat di Jepang :
  1.  Jangan sekali-kali naek Taxi! Wuiiih…. Mahal bro sekalian! Buka pintu aja 600 Yen! Haha.. itu sih bisa berapa puteran Bundaran HI kali kalo di Indonesia.. haha.. Kecuali anda adalah orang yang sangat kaya, maka silakan gunakan taxi.. hehe.
  2. Biasanya bagi pengunjung yang tidak menetap lama aka temporary visitor kita punya kemudahan dalam hal tiket perjalanan. Jadi kalo kita bisa memanfaatkannya akan sangat mengurangi pengeluaran kita. Contohnya seperti 1 Day Trip di Hiroshima; Kansai Thruu Pass di Kansai dan Osaka; JR Pass buat bebas pake Shinkansen yang hanya bisa dibeli di luar Jepang. (Alhamdulillah….. sudah tiba di Nagoya…tempat asal teman Saya, Tomohiro Bando, Medical Student – Nagoya University)
  3. Kalo mau lebih hemat lagi, jangan manja! Biasa-in jalan kaki kemana-mana… hehe.. 
Oiya ini tiket paketan yang saya beli selama di Jepang.... :

Atas : 2 Days Trip di Kansai-Osaka
Tengah : 1 Day Open Ticket Tokyo
Bawah : 1 Day Trip Card Hiroshima
HEMAAAAAT!!!

Pelajaran – 10 : Information Center kudu dimanfaatkan!
Kalo kita berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lain / dari satu kota ke kota yang lain biasanya ada Information Center. Jelas disini ada banyak informasi. Biasanya Saya selalu ambil peta kota yang saya kunjungi. Penting loh, kalo kita nanya nanya orang bisa langsung kita minta jelasin lewat peta itu.. jadi kita bisa membayangkan kita sekarang ada dimana.

Contoh City Map Hiroshima dan Sarana Transportasinya :
Klik Gambar utk Memperbesar... ini Map StreetCar di Hiroshima...^^

Lengkap dengan setimasi waktunya dan paket hemat tiket 1/2 hari penuh..


Tokyo! I’m coming!...
Katanya Tokyo adalah kota yang paling memusingkan di Jepang. Hehe.. ini ceritanya dosen Saya loh.. ehmmm… apa iya ya…? Kita lihat saja nanti. Saat ini pukul 19.58 waktu Jepang, jadwalnya saya akan sampai di St. Tokyo pukul 21.10 waktu Jepang.  Kalo mau ditelusuri pakai peta maka inilah peta perjalanan selama saya di Jepang :

Rute : Osaka > Kobe > Hiroshima > Fukuoka > Yamaguchi > Nagoya > Tokyo > Osaka
Pengalaman unik.
  1.  Disini saya ga pernah di gigit nyamuk! Apa karena musim panas ya… haha..
  2. Disini saya baru 2 kali nemu kucing! Pertama di Dome Hiroshima, itu malem-malem… yang kedua di Yamaguchi… pada kemans ya kucing di Jepang? Haha..
  3. Ternyata alam pedesaan di Jepang itu Indah looooh!
  4. Kalo di kota bangunannya sama semua…. Bangunan di Jepang itu udah kayak maket default gitu… tipenya rata-rata sama. Jadi kalo mau bangun cepat… dan bisa hilang dengan cepat juga. Karena buatnya udah ada maketnya ga ribet seperti buat rumah di Indonesia.
  5. Seenak-enaknya makanan di Jepang, lebih enak makanan Ibu Saya.. haha.. makanya kalo ke Jepang bawa makanan dari Indonsia. Lumayan menghemat looh… bawa noh tempe / tahu…/ makanan yang awetnya lama. Dijamin bakalan lebih hemat deh..
  6. Pengalaman unik bisa masuk ke lab nya Kyushu University, tentunya bareng dr. Nouval dan dr. Hari.. Arigatou gozaimasu Sensei… semoga saya masih bisa diajar Sensei di Tingkat 3.
  7. Kenalan sama Prof. Hatori (ahli hematologi) Sensei-nya dr. Laifa, Pak Chris, Bu Ela, dan Bu Zeti di Yamaguchi Univesiry.. dan ini pertama kalinya Saya makan shusyi.. (bener gat uh tulisananya? Haha..) hmm.. rasanya aneh gitu sih.. tetep rending lebih enak! Haha.. Oiya, nih foto bareng Prof. Hatori, Nitta, dan dosen-dosen UIN (Pak Chris, dr. Laifa, Bu Ela, dan Bu Zeti)
  8. Oiya.. ingat kan kalo Saya bikin visa ke Jepang ini GRATIS? Hmmm.. bagus2 masih ingat.. hehe.. jadi itu dosen2 saya di Jepang ga tau kalo buat visa itu bisa gratis loh.. wah, Alhamdulillah… hehe..
  9. Setiap jalan ada petunjuk dan pertolongannya…. Hehe.. Alhamdulillah kegiatan Saya ini disponsori oleh Indosat! Hehe… Allah maha mendengar doa hambanya..
  10. Selama saya di Jepang, Saya jarang sekali melihat orang Jepang gemuk! Kenapa ya? Rata-rata pada sedang aja gitu.. hmm.. kalo meurut saya ini karena orang jepang rajin oleh raga, dan keman-mana jalan kaki atau naek sepeda. Kayaknya Saya harus tinggal di Jepang nih biar turun berat badan. Hehe..
Ifthar dan Perpisahan di Ruang Lab. Dr. Hatori (Yamaguchi University)

Lanjut…. (@Shinkansen Hikari ; lihat gelapnya kota dari Nagoya ke Tokyo sambil dengerin lagu Iryuu… haha..jadi inget pas nyeritain tentang Iryuu ke Masae Ishida dan Takayama… kaget juga mereka Saya tahu dorama macam Iryuu.. haha..)

Wuih… Saya pikir Saya tidak akan melihat hanabi (petasan gitu.. bener ga sih?..) di Jepang.. eh, ternyata bisa juga… nih Saya lagi lihat dari Shinkansen…. (waktu : 20.15 waktu Jepang) hmm… lengkap deh cerita indah di Jepang….)

Tak terasa sudah masuk halaman ke tujuh (di Ms.Word) dari kisah yang saya ceritakan. Nanti Saya sertakan table perjalanan Saya dari awal tiba di Kansar sampai kembali ke Indonesia ya.. hehe..


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial