Senin, 29 Agustus 2011

Sepotong Episode Hidup di Jepang (Part 2)

Perjalanan – 5 : Kalau mau backpacking sendirian jangan bawa barang banyak-banyak…
Wah, ini lumayan penting lah kalo gam au dibilang penting banget. Karena Saya sendirian jadi enaknya barangnya dikit aja n kalo bisa dipilih yang betul-betul bakal dipakai di Jepang. Ingat juga dengan musim apa di Jepang. Kalo musim panas ya jangan bawa pakaian yang tebel-tebel, dijamin nampol klo dipake siang hari.. (eh, tapi tergantung juga sih.. soalnya selama saya di Jepang, cuacanya ga nentu.. bahkan empat hari pertama saya lalui dengan hujan.. padahal summer loh.. haha..)


Oiya, di Jepang ada yang namanya Coin-Locker. Apaan tuh? Haha.. jadi ini semacam locker yang disewakan untuk tempat kita menyimpan bawaan kita. Gratis? Haha… enggak lah. Locker yang ada tipe-tipe nya kalo yang besar sekitar 400 s.d 600 yen! Kalo buat yang biasa 300yen! Tapi ingat ini hanya untuk 1 hari saja.. jadi kalo kita tinggalin dia semalem di Locker (hhe.. kayak saya ninggalin barang1 malam) itu besoknya kita harus masukin sejumlah uang lagi sesuai lockernya.. hehe. Makanya jangan bawa barang banyak-banyak.. haha..

Pelajaran – 6 : Backpacker sendirian atau dengan teman, enakan mana?

Ada beberapa keuntungan kalo backpacker sendirian, yang paling kerasa kita jadi bebas ngatur diri sendiri mau kemana dan akan kemana tanpa banyak pertimbangan. Hanya kekurangannya adalah kita ga ada temen ngobrol dan ga bisa saling membantu klo nyasar! Haha.. Sendirian dah tuh nyasar.. tapi seru juga loh berpetualang sendirian di negeri orang. Haha.. Makanya sebelum berangkat kalo kata dr.Nouval kita harus research dulu tempat mana aja yang akan kita tuju.

Pelajaran – 7 : Ikuti rambu-rambu / peraturan di Jepang kalo ga mau ditangkep ^^ 
(hujan di Kyoto.. melanjutkan perjalanan ke Tokyo)

Nah, ini nih.. walau agar remeh temeh.. tapi penting juga. Soalnya ada cerita seorang Sensei (Professor di Universitas) di tilang oleh polisi yang merupakan muridnya dulu. Nah, walhasil sang Sensei tetap di denda tapi dengan cara pemberian surat tilang yang lebih halus.. hehehe.. Aturan di Jepang tegas! Makanya tingkat kriminalitas di Jepang sangat rendah.

Oiya, klo naek escalator jangan maruk ya.. lihat depan kita ngisi sisi sebelah mana. Kalo pada ngisi sebelas kiri ya kita isi di belakangnya sebelah kiri. Kenapa ga dikanan? Yang kanan dibiarkan kosong untuk orang-orang yang terburu-buru. Gitu bro semua….^^ Indah ya saling menghormatinya…?

Hal lainnya, hmm… kalo di dalam kendaraan transportasi adabnya hp di silence dan dilarang merokok. Selama Saya di Jepang, saya belum pernah melihat orang merokok loh.. padahal di supermarket banyak banget tuh rokok.. sama kayak di Indomaret Indonesia gitu.. tapi anehnya saya belum pernah melihat orang merokok di Jepang. Hmm.. ini juga bisa jadi bukti kenapa tingkat kematian karena PPOK / kelainan paru sangat rendah di Jepang. Hmm.. mantap ya..!

Pelajaran – 8 : Mau hemat ? Manfaatkan relasi / teman / kerabat …
Kalau bisa hemat kenapa pilih yang mahal.. Itu prinsip Saya. Makanya Saya mengumpulkan informasi apakah ada kemungkinan untuk bisa menginap sementara di teman / kerabat / bahkan Sensei kita di Jepang. Ini bukannya ingin menyusahkan orang lain ya.. namun biasanya teman yang kita kunjungi akan welcome kok pada kita yang jauh-jauh datang dari Indonesia. Apalagi tujuannya ke Jepang tidak sekedar untuk liburan tapi ada misi pendidikan.. hehe.. ceilah… Tapi iya loh.. setidaknya kita bisa menghemat uang untuk akomodasi sehingga bisa dialokasikan ke hal yang lain. Bener ga?

Lanjut ke  Sepotong Episode Hidup di Jepang (Part 3)


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial