Rabu, 04 Juli 2012

Tri Dharma Perguruan Tinggi mulai dilupakan mahasiswa ?

Berawal dari temuan lapangan bahwa banyak kawan-kawan yang tak tahu apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka saya coba jabarkan apa yang saya tahu dan yang saya dapatkan secara online pada posting kali ini. 


Entah mengapa setelah secara random saya menanyakan mengenai "Apakah kamu tahu apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi?" pada beberapa mahasiswa kedokteran, banyak yang tak mengetahuinya. 


Agak miris sebenarnya, tapi itulah kenyataannya. Mahasiswa saat ini banyak yang apatis terhadap hal seperti ini. Saya tak mencari siapa yang salah sehingga mahasiswa saat ini cenderung cuek dan tak mau tahu. Tapi nampaknya salah satu penyebabnya adalah sistem PT yang tak mengenalkan filosofi Tri Dharma PT, yang seharusnya diajarkan diawal mahasiswa baru di 'ospek' atau pada saat masa orientasi mahasiswa baru.


So, mari kita bahas apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi :



Mari lihat sejarah betapa mahasiswa kedokteran punya peran penting dalam pencerdasan bangsa. Masih ingat STOVIA? Sekolah Kedokteran zaman penjajahan Belanda dulu. Dialah dr. Soetomo seorang mahasiswa kedokteran STOVIA Weltevreden  yang mendirikan Boedi Oetomo di Ruang Anatomi jam 9 pagi pada 20 Mei 1908 ! Sebuah awal perjuangan bangsa menentang pembodohan yang dilakukan oleh penjajah Belanda kala itu. Dan tanggal 20 Mei sampai saat ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).






Sejarah kemudian memenangkan Indonesia sebagai negara berdaulat pada 17 Agustus 1945 yang pada dasarnya dari titik waktu inilah perjuangan mulai berubah. Kita dituntut mengisi kemerdekaan dengan sungguh sungguh. Karena begitu banyak nyawa pahlawan 'syahid' demi kemerdekaan Indonesia. Dan salah satu bentuk 'mengisi' kemerdekaan adalah dengan mencerdaskan bangsa. Lebih spesifik lagi bagaimana Perguruan Tinggi yang ada saat ini 'memproduksi' manusia-manusia handal dibidangnya.


Lanjut... ^^


Setiap PT di Indonesia pada dasarnya mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional kita adalah ialah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.


Dalam implementasi untuk mencapai Tujuan Nasional tersebut maka kita punya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi 3 hal :


  1. Dharma Pendidikan & Pengajaran
  2. Dharma Penelitian
  3. Dharma Pengabdian Masyarakat

Lalu mengapa kita sebagai mahasiswa harus tau mengenai hal ini? Karena kita termasuk salah satu faktor yang terlibat dalam realisasi Tri Dharma PT diatas. Apa saja faktor yang terlibat ?

  • Mahasiswa
  • Dosen
  • Sarana/prasarana
  • Tenaga Non-edukatif
Lalu apa pentingnya ? Dengan memahami bahwa kita adalah salah satu komponen/faktor penting dari terlaksananya Tri Dharma PT diharapkan mahasiswa termotivasi dan sadar bahwa dirinya begitu penting untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia yang juga tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa". 

Sebagai mahasiswa kedokteran kita sudah terfasilitasi untuk melakukan Tri Dharma PT. Pendidikan yang kita dapatkan secara utuh selama proses pre-klinik plus penelitian sebelum masuk klinik menjadi bukti kita berjuang mewujudkan filosofi mulia Tri Dharma PT. Saat masuk fase klinik kita langsung terjun membantu masyarakat dengan memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan berdasar atas apa yang kita pelajari semasa fase pre-klinik. Ini merupakan pengamalan Tri Dharma PT dalam hal pengabdian masyarakat. Bahkan setelah kita "disumpah" menjadi seorang dokter, kita dituntut untuk "mengabdi" pada negara dengan ikut internship selama satu tahun di RS dan Puskesmas.

Apakah sudah cukup jelas apa pentingnya filosofi Tri Dharma PT bagi kita? Walau tanpa mengetahuinya pun kita sudah mengamalkannya, namun sebagai seorang calon dokter alangkah lebih baik kita peduli dan juga 'mau tahu' mengenai hal-hal seperti ini. Sehingga toh pada akhirnya ini akan bermanfaat bagi kita dimasa yang akan datang.

Demikian. Semoga pembahasan singkat ini 'membuka mata' kita :) .

Reference :
  • Lubis, Chairuddin P. 2004. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Disiplin Nasional. Available at URL : here
  • Sejarah Singkat Boedi Oetomo. Article form URL : here
  • VOA Indonesia. 2011. Meluruskan Boedi Oetomo dan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Article from URL : here
  • Wikipedia. Budi Utomo. Available at URL : here
  • DIKTI. Profil Direktorat Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Available at URL : here
  • Majalah FARMACIA. Refleksi Perjuangan Seorang Dokter. Available at URL : here




Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial