Minggu, 15 Juli 2012

Dream Catcher : renew your dreams !

...ditemani secangkir kopi Latte saya ingin sharing buku yang baru saja selesai saya baca :) Judul bukunya "Dream Catcher" karya penulis muda Alanda Kariza. Buku ini saya beli karena saya pernah mengikuti Indonesian Youth Conference 2011 yang digagas oleh Alanda Kariza, penulis buku ini. Melihat namanya terpampang di cover buku ini ketika berkunjung ke Gramedia akhirnya saya putuskan membelinya.


Begitu banyak buku-buku motivasi, tapi selalu berbeda jika apa yang disampaikan adalah pengalaman pribadi. Begitulah yang saya dapati dalam buku ini. Jelas sekali ia berbagi dengan apa yang sudah ia capai. Mau tahu seberapa hebat manusia satu ini? Kalian bisa baca disini.



Inti dari buku ini adalah mengajak pemuda Indonesia untuk berani bermimpi. Karena dengan mimpilah setiap insan bisa merasakan hidupnya bermakna. Alanda menceritakan bagaimana ia bisa aktif di event-event kepemudaan Internasional, bagaimana Ia berjuang masuk universitas, bagaimana ia mencari beasiswa, bagaimana Ia mengatur dan menorganisir sebuah komunitas pemuda Indonesia.


Ditengah kesibukannya kuliah, Ia masih sempat untuk berkecimpung di NGO yang Ia dirikan bersama dengan kawan-kawan seperjuangannya. NGO yang ia dirikan seperti The Cure for Tomorrow dan Indonesian Youth Conference tengah membumi di lingkungan pemuda Indonesia. Selain itu dia juga produktif menulis buku dan juga sebagai freelancer menulis di beberapa majalah.


Saya termasuk kagum pada Alanda karena dedikasinya dalam hidup "bagaimana memberikan impact postif pada bangsa". Perkataan inilah yang ia ungkapkan pada saat wawancara demi mendapatkan beasiswa kuliah di BINUS, ketika ditanya "Bagaimana Alanda 5 tahun kedepan?". Sebuah jawaban yang menggambarkan karakter yang mandarah daging karena dijawab dengan spontan tanpa mengarang-ngarang. Keinginannya memberikan kontribusi bagi bangsa melebihi keinginan pribadi. Suatu hal yang jarang ditemukan pada calon mahasiswa bukan? "Idealisme tingkat tinggi!" kalo kata saya, haha.."


Nampaknya sudah beberapa kali saya menuliskan betapa mimpi begitu penting. Yang menarik dari buku ini adalah bagaimana me-manage mimpi-mimpi itu. Salah satu caranya adalah Re-new your dream! Karena setiap mimpi pasti ada waktu kadaluarsanya bukan? Maka tak masalah kita memperbaharui setiap mimpi kita dan terus kita follow-up progress nya.


Hal menarik lainnya terkait konsep mimpi yang Alanda paparkan adalah keyakinan bahwa setiap mimpi pasti akan terwujud. Karena menurutnya, Tuhan hanya memiliki tiga jawaban di dalam hidup kita terkait apa yang kita inginkan : "Ya", "Tidak Sekarang" atau "Ada yang lebih baik". Tentunya, jawaban dari yang kuasa ini tak bisa kita dapatkan kalau kita belum melakukan yang terbaik dalam mencapai impian kita.


Tips untuk meng-akselerasi tercapainya mimpi kita adalah dengan membangun relasi seluas mungkin. Karena dari relasi inilah informasi bisa datang dan betulah banyak silaturahim banyak rezeki. Terkadang, berbincang dengan seseorang beberapa menit saja bisa membuat kita menyerap jauh lebih banyak pengetahuan dibandingkan dengan membaca buku seharian :)


Hoho...banyak tips lain yang Alanda sampaikan. Lebih baik kalian baca dan 'raba-rasa'kan betapa begitu banyak jalan menuju Roma aka capai setiap mimpi kita. Yosh, sekian dulu semoga manfaat :)


nulis santai @digitaLmbuL :)
selesai ngepost 10.49 pm


buku ke #27! yatta..kejar 50# buku sebelum koas... 


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial