Minggu, 21 Juni 2015

3 #KULBLOG RD : Jenis-Jenis Reksa Dana

Nah, lanjut nih mengenai jenis-jenis reksa dana. Dari hasil googling dan juga baca kitab reksa dana nya Pak Rudiyanto "Sukses Finansial dengan Reksa Dana" saya dapati kalau reksa dana diklasifikasikan berdasarkan tingkat risiko yang akan ditanggung oleh investor. Tujuannya adalah memudahkan investor menentukan produk reksa dana dengan risiko seperti apa yang mereka investasikan.

  1. Reksa dana pasar uang : reksadana ini mirip-mirip dengan deposito di bank, hanya keuntungan yang diberikan RD Pasar Uang lebih besar dari pada deposito di bank. Selain itu RD PU  tidak dikenakan pajak seperti halnya bunga/bagi hasil deposito sebesar 20%. Lama investasi sama-sama 1 tahun atau kurang dari 1 tahun. RD PU adalah RD dengan risiko paling rendah, bahkan ada yang bilang risiko hanya 1 persen. Ini cocok untuk investor dengan profil risiko terendah, alias jaga aman. Tentu return nya lebih kecil dibandingkan dengan jenis RD-RD yang lain.
  2. Reksa dana Pendapatan Tetap ; reksa dana ini sebagian besar produknya (80%) adalah obligasi. Jenis ini cocok untuk investasi 1-3 tahun.
  3. Reksa dana Campuran : reksa dana ini produk nya emang campuran, ada saham, obligasi, pasar uang. Nano-nano lah disini..hehe. Cocok untuk investasi dengan jangka waktu 4-5 tahun.
  4. Reksa dana Saham : reksadana dengan tingkat return paling tinggi. Produknya min.80% itu saham semua. Fluktuasi produk di pasar bisa naek turun kayak roller coaster. Ga cocok buat yang punya penyakit jantung. Cocok untuk investor dengan profil risiko agresif. Investasinya untuk jangka waktu > 5 tahun.

Yooosh....semoga bener yg saya sharingin yang, haha... sejauh ini saya sudah investasi di reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham yang flatform keduanya syariah tentunya :) sejauh ini sudah kelihatan sih pergerakan NAB nya, klo saya jual udah positif lah... tapi kan lihat nya jangka panjang, saya punya cita-cita untuk keluarga saya yg saya titipkan pada reksadana syariah. 


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial