Kamis, 02 Januari 2014

Tere Liye : Negeri Para Bedebah

Sebuah novel karya Tere Liye dua kali membuat saya takjub. Sebuah cerita sekuel yang 'fenomenal' yang membuat saya terpikat dan membuat saya membaca kedua buku karyanya ini. Buku pertamanya berjudul : Negeri Para Bedebah. Disini aku tak ingin jadi spoiler bagaimana isi dari buku ini. Sudah terlalu banyak yang membahasnya di google, dan itu cukup untuk membuat kalian yang terdampar di blog sederhana ini tahu bagaimana isi dari novel ini.



Yang ingin saya sampaikan adalah pesan kritis dari novel ini. Kedua novel ini menelusuri dua segmen dunia yang berbeda. Buku pertama penulis coba mengkritisi mengenai dunia ekonomi. Yang kok kalau saya baca mirip dengan kasus Bank Century. Penulis menggambarkan banyak sekali dunia gelap dari kasus bank yang terbahas dalam novel ini. Kepentingan pemilik bank yang menyerempet banyak kepentingan orang-orang kaya dan juga politisi busuk yang cinta dengan kekuasaan.

Saya tidak menemukan hikmah moril positif dari buku ini, hanya saya kagum dan mengapresiasi penulis dari sisi cerita dan plotnya. Luar biasa dan tak terduga adalah kekuatan dari buku pertama nya ini. Memang tidak ada hikmah moril positif yang jelas dalam cerita ini, namun yang tersirat tetap ada. Dan tak akan bisa kalian temukan tanpa membacanya.

Hint nya adalah ketika kalian membacanya dan kalian adalah orang yang juga mengikuti perkembangan politik ekonomi (hehehe...saya kebetulan sedikit tahu) maka kalian seperti menyaksikan sebuah realita bangsa ini tergambar dalam novel ini.

Satu lagi yang sangat khas ketika membacanya kita seperti menonton film action. Great! Ini bagus dan saya berharap ada rumah produksi film yang bersedia mengangkatnya ke layar lebar. Mungkin akan sama bagusnya dengan film Indonesia yang sudah mendunia : THE RAID.
_________
#Bandar Lampung
2 Januari 2014 ; 17.24 wib
Pradipta Suarsyaf, S.Ked, CH, CHt


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial