Senin, 14 Oktober 2013

Cerita Koas Geriatri & Emergency | Jadi Pembicara | Euforia Timnas U-19

Tulisan ini saya buat dipenghujung stase emergensi di RSUP Fatmawati. Wah, lama juga tidak menulis di blog ini. Saya ingin berbagi beberapa hal sekaligus dalam satu tulisan kali ini.

Pertama, saya baru saja melewati stase geriatri. Stase ini sebenarnya biasa termasuk dalam stase mayor penyakit dalam, tapi di FKUIN stase ini dibuat terpisah. Urgensinya masih dipertanyakan karena kita juga akan menemukan hal yang sama pada saat mayor penyakit dalam kelak. Tapi setidaknya cukup banyak manfaat yang bisa diambil dari stase ini terutama bagaimana kita meng-assesment pasien lansia secara komprehensif dan paripurna. Kami ditugaskan di RSU Tangerang Selatan dan ke Panti Lansia di bilangan Pondok Indah. Segala aktivitas selama stase ini yaa hanya berputar alias thawaf di tiga tempat : kampus, RSU Tangsel dan Panti. Lumayan juga ni muter-muter kalau dalam sehari ada tiga agenda ditempat yang berbeda-beda.. :D



Kedua, saya saat ini tengah menjalani stase emergensi. Hahahaha...sudah cukuplah kata 'emergensi' itu mewakili pasien-pasien macam apa yang kami (baca : koas) hadapi. Dari mulai batuk pilek biasa (yg semestinya ga dibawa ke IGD), korban kecelakaan lalu lintas (KLL), dan kegawatdaruratan lainnya. Tugas kami tok hanya di Instalasi Gawat Darurat RSUP Fatmawati saja. Disinilah kami banyak mempelajari bagaimana menangani pasien-pasien gawat darurat.

Ketiga, sebulan ini saya empat kali diundang menjadi pembicara di kampus. Tema yang saya sampaikan terkait bagaimana menjadi mahasiswa berprestasi (walau sebenarnya saya biasa-biasa saja..haha..), bagaimana mencari beasiswa, manajemen waktu dan bagaimana cara belajar yang baik dan efektif. Tema lainnya saya pernah diminta sharing mengenai dunia koas dan bagaimana tips n trik menjalaninya. Hahahaha...saya cukup menikmat apa yang saya sampaikan dan saya bahagia bisa berbagi. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat.

Keempat, hehe..diminggu ini entah mengapa permainan timnas Indonesia (baca : cuma yang U-19) menarik ditonton. Permainan mereka luar biasa mantap, bahkan presiden bangsa ini pun sampai posting di twitter bagaimana bangganya ia dengan timnas U-19 terutama setelah juara Piala AFF U-19 dan berhasil lolos ke putaran Piala Asia U-19 di Myanmar tahun depan. Di kualifikasi kemarin Indonesia berhasil mengalahkan raksasa Asia, Korea Selatan, 3-2, lewat permainan yang luar biasa. Yang bikin terharu dan bangga ya foto dibawah ini :






Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial