Selasa, 13 November 2012

...dan kehidupan koas pun dimulai ! bismillah...

Kelompok koas Obsgyn 1# pspd 2009
6 November 2012 pastilah menjadi hari yang berbekas dihati para punggawa mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2009 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kami akhirnya bisa menyelesaikan fase pre-klinik dan pada hari tersebut kami wajib mengucapkan 'Sumpah Kepaniteraan' sebagai passport sah kami untuk bisa masuk fase pendidikan selanjutnya (fase klinik) di Rumah Sakit.


koas pspd 2009 ~ sumpah kepaniteraan (6 nov 2012) ganbatte!
 7-9 November 2012 kami digembleng dan dikenalkan dengan Rumah Sakit Pendidikan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, RSUP Fatmawati. Kami diberikan orientasi mengenai Rumah Sakit, hak dan kewajiban kami sebagai ko-asisten (koas) di RS, dan kami juga mendapatkan pelatihan BLS. Semua orientasi dan pelatihan diselenggarakan oleh Diklit RS Fatmawati. Tujuannya jelas agar kami lansung tune-in dengan RS dan ga kagok-kagok amat dalam menjalani koas. Selain tentunya orientasi ini penting sehubungan dengan usaha keras RS Fatmawati untuk mendapatkan standardiasi Rumah Sakit Internasional, Golden Joint Comittee International.


Lanjut...kami kemudian memulai kehidupan baru sebagai koas pada tanggal 12 November 2012. Semua stase mayor yang kami jalani basecamp nya (alias SMF alias Satuan Medis Fungsional) ada di Gedung Instalasi Rawat Inap (IRNA) Teratai RS Fatmawati.

Nah, kemudian kami satu angkatan (40 orang) dibagi dalam 3 kelompok koas besar untuk menjalani 3 stase mayor : interna, obsgyn dan anak. Kami adalah angkatan pertama dari UIN yang mengawali kehidupan koas dari stase mayor tanpa jeda libur sebelumnya. Berbeda dengan angkatan sebelumnya yang mengawali koas dari stase minor dan sebelum masuk koas ada libur.

Berita penempatan stase yang kami tunggu pun datang! Saya secara dramatis (maaf lebay..) mendapati stase Obsgyn sebagai stase al-awalun alias pertama. hehe..walah.. langsung terbayang "berapa partus yang akan saya pimpin di stase mayor ini?"

Dan tak dinyana saya ditampuk sebagai ketua kelompok Obsgyn! sebuah kesalahan...hehe, semoga saya bisa menjalaninya dengan baik.. Ketua kelompok stase Anak : si Adi Heryadi.. Ketua kelompok Interna : si Fernaldi Anggadha...

Sampai tulisan ini saya posting, Saya sudah menjalani stase obsgyn hari ke-2. Banyak tanya kakak kelas yang sudah selesai obsgyn nampak betul bahwa stase ini akan menguras banyak hal sesuai urutan ini :

1. Tenaga!
2. Mental!
3 Otak!

Yup, isunya modul ini bisa menyebabkan lelah yang sangat...ya, mari kita lihat...enjoy my story :)
sampai nanti kawan...

#cerita_koas_obsgyn


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial