Minggu, 28 Oktober 2012

Renungan di Malam Sumpah Pemuda 2012

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928

Kini saya berada dalam hari yang sama ketika para pemuda Indonesia dengan gagahnya mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Kalau kita tinjau tabiat manusia yang selalu menerima amanah yang sebenarnya berat untuk ditanggung, seperti yang manusia lakukan ketika menerima amanah dari Allah untuk menjadi khalifah di bumi. Sungguh besar keberanian manusia melebihi keberanian langit dan bumi yang menolak amanah ini.


Tapi demikianlah manusia, manusia memerlukan orang-orang yang bisa menyatukan sesamanya agar mendapat penghidupan yang lebih layak. Ya, layaknya seorang manusia yang selayaknya diakui kemerdekaannya. Itulah mengapa para pemuda 1928 yang berasal dari berbagai daerah berupaya melepaskan belenggu penjajahan yang mencengkram mereka lewat aksi kesatuan bersama yang dirumuskan dalam sebuah SUMPAH. Sumpah yang saat ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Saya yakin hari ini akan banyak artikel yang bertemakan : "Refleksi Sumpah Pemuda" / "Memaknai Sumpah Pemuda" / lainnya yang tak perlu lagi saya bahas disini. Cukup ketikkan judul2 itu kalian akan banyak mendapatkan referensi mengenainya. Disini Saya tertarik mengejewantahkan isi pikir saya akan influence pemuda bagi kemajuan suatu bangsa.

Pemuda adalah gambaran suatu bangsa setidaknya 10-20 tahun kedepan. Bukan suatu masa yang lama dan tak ada gunanya kita berpangku tangan sekedar melihat apa yang terjadi selama masa itu. Nah, bagi pemuda (termasuk saya tentunya..) mari kita sama-sama perbaiki diri dan merenungkan kembali perkataan Soekarno ini :


"Berikan aku 1 pemuda, akan ku guncang Indonesia..dan
berikan aku 10 pemuda, akan ku guncang Dunia.."

Sedemikian hebatnya Soekarno memberikan perumpamaan yang menunjukan kekuatan yang dimiliki seorang pemuda. Maka tak heran lah kita para pemuda pendahulu itu berhasil membangkitkan semangat bangsa Indonesia lewat Sumpah Pemuda. Buktinya hanya dalam tempo 17 tahun setelah Sumpah Pemuda, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Semangat pemuda tak tergantikan. Semangat perjuangan pemuda punya nilai tersendiri yang tak lagi dimiliki para tetua. Saya rasa pemudalah yang sanggup tangani permasalahan ril saat ini.

Diusia saya yang ke-22 ini, saya sudah termasuk seorang pemuda Indonesia. Ya, PEMUDA INDONESIA. Yang mana peran kontribusi saya bagi bangsa akan diukur secara ril setelah saya lulus dari pendidikan kuliah. Walau tak menutup kemungkinan hari ini saya sudah berkontribusi untuk bangsa..hmm, atau secara tak saya sadari tak sedikit pun berkontribusi untuk bangsa? semoga saja tidak. Hanya masing-masing dari kita lah yang bisa menilainya.

Insya Allah saya akan lulus pada tahun 2014, kala itu usia saya 24 tahun. Jika menyesuaikan usia dengan rata2 hidup orang Indonesia saat ini, sekitar 60-63 tahun, maka saya punya sisa waktu berkontribusi kurang lebih 40 tahun. Masa depan adalah tanda tanya bagi orang yang tanpa mimpi. Saya punya mimpi dan semangat untuk membukti pada dunia bahwa seorang Pradipta Suarsyaf dilahirkan ke dunia dengan suatu tujuan sejelas-jelasnya! "Beribadah" Dan kala masih muda dan dipanggil pemuda ini saya tegaskan saya tidak ingin menjadi sampah masyarakat. Saya ingin menjadi agen perubahan 10-20 tahun kedepan bagi bangsa ini.

Malaikat mungkin sudah mencatat tekad saya ini, entah malaikat punya penghapus atau tidak, yang jelas kalau saya diberi jalan menuju tekad tersebut saya akan bekerja keras, dan kalau saya gagal mungkin malaikat akan mencoretnya (maaf kalau paragraf ini agak metafora..)...semoga saya bisa berlaga selayaknya pemuda Indonesia dengan Sumpah Pemuda nya pada 1928 lalu itu.

hei, kalau kalian pemuda yang punya nafas membaca hingga kalimat ini..maka mari bersama majukan bangsa ini, jadilah pemuda kesekian yang bisa 'guncang' kan Indonesia dan dunia. Semangat Pemuda Indonesia!

Update!
Ini ada video dari PPI Belanda yang inspiratif..
Mereka yang sedang belajar disana dengan semangat sumpah pemuda terus berjuang demi membangun Indonesia, mari saksikan..



...renungan malam Sumpah Pemuda
27 Oktober 2012... 21.10 wib.
diposting 28 Oktober 2012.. 00.00 wib.


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial