Minggu, 26 Agustus 2012

NASIONAL.IS.ME : Pesimis jadi bangsa Indonesia ?

Ditengah pesimisme yang melanda bangsa ini, apakah kita termasuk didalamnya? Apakah kita adalah salah seorang yang pesimis dengan keadaan bangsa ini? Yang meragukan kebangkitan bangsa ini? Apakah kita termasuk orang-orang yang dengan pasrah menerima keadaan bangsa ini dan dengan pasrah tak berbuat apa-apa? Pasrah dengan hanya melihat dan menjadi pendengar dari pemberitaan media yang hampir selalu memberitakan hal-hal negatif mengenai bangsa ini?

Kalau ada rasa itu, kalau hal itu pernah menghampiri hati kita, kalau kita pernah putus asa menjadi seorang Indonesia, maka buku ini adalah obat penawarnya! Buku karya Panji Pragiwaksono inilah penawarnya. Bacalah buku NASIONAL.IS.ME !


Jujur saya pernah merasakannya. Saya pernah merasakan begitu bobroknya negeri ini dengan dasar yang sebenarnya konyol! hanya menurut pemberitaan media masa. Hanya karena berita yang memprioritaskan keuntungan saya sempat berkesimpulan bangsa ini hancur dan tak ada harapan.

Tapi itu dulu. Ya, saya yakinkan pada diri sendiri bahwa itu hanya masa lalu. Dan tak perlu dilupakan. Hahaha...karena ketika kita berusaha untuk melupakan sesuatu maka justru akan semakin ingat bukan? Cara satu-satunya membuat tak ingat adalah menyibukan diri pada hal baru yang bermanfaat untuk mencukur rasa yang salah itu. ( copas ucapan Pak Mario Teguh loh ini..)

Semua itu dulu sebelum saya mengenal baik secara langsung maupun tidak dengan Danang Ambar Prabowo, Ridwansyah Yusuf Achmad, Ryan Alfian Noor, Muhammad Iman Usman, dan beberapa tokoh melalui bukunya seperti Prof. Komaruddin Hidayat, Prof. Azyumardi Azra, Anies Baswedan, Rene Suhardono, Hidayat Nur Wahid, banyak banyak tokoh lainnya sampai saat ini yang meyakinkan bahwa Indonesia punya orang-orang hebat dan tak pantas direndahkan dengan pemberitaan-pemberitaan miring yang sangat tidak adil oleh media.

Melalui buku ini semangat membangun bangsa akan kita dapatkan. Bang Pandji berusaha menjadi penerang optimisme akan bangsa Indonesia ditengah pesimisme banyak orang akan masa depan bangsa Indonesia. Beliau heran dengan orang yang dengan mudahnya berkata, "Indonesia ini sudah ga ada harapan!". Padahal seumur hidup dia cuma tinggal di Jakarta dan belum pernah keluar pulau jawa, boro-boro jawa, wong sedikit ke Bogor saja belum pernah. "Kok bisa menyimpulkan Indonesia ga punya harapan?!"

Tak adil kalau kita membandingkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Tak adil membandingkan Indonesia dengan Jepang. Karena jelas wilayah kita jauh lebih luas dari pada Jepang, misalnya. Budaya, adat dan puluhan bahasa daerah bangsa Indonesia miliki. Lalu masih mau memandang rendah bangsa sendiri dengan meng-compare nya dengan bangsa lain? Kita bangsa besar bung...lihat sisi positif dari bangsa ini.

Maka dari itu Bang Pandji ini membeberkan segala hal yang membuat kita akan merasa bangga menjadi bangsa Indonesia. Dan Saya semakin yakin bahwa bangsa ini ada harapan, dan bangsa ini juga ada dalam jalur yang benar untuk menjadi bangsa yang besar! Bacalah buku ini dan buktikan! Tak usah beli bukunya, tinggal download disini.

Bahasannya ringan dan dengan bahasa gaul campursari saya rasa siapapun tak akan beranjak membaca buku ini kecuali telah selesai membacannya. Hahahahaha...karena ini salah satu buku yang bisa saya baca hanya dalam beberapa jam. Wong emang bukunya tak berat, bahasa ringan dan mudah meracuni otak yang membacanya :) hahha..just kidding.. meracuni untuk menjadi bangga atas bangsa sendiri tak salah kan ya?

berikut ada kalimat yang bagus diakhir buku ini :

“Bukan kebetulan anda lahir pada jaman ketika Indonesia sedang seperti sekarang ini, dan bukan kebetulan juga anda membaca tulisan ini...”

...so, it's Allah will bro...tinggal kita aja yang putuskan mau kontribusi apa untuk bangsa ini. Mari kita persiapkan bangsa ini lebih baik untuk anak cucu kita :) *berasa tua gw..

Demikian..baca bukunya! Nih, download! halal! wong ini dari website nya Bang Pandji sendiri kok. Monggo cek disini kalo tak percaya. Bah, apa jadinya kalau sesama bangsa sendiri saja tak percaya? hahaha..bercanda :)

Oya, buku / ebook "NASIONAL.IS.ME" ternyata kumpulan posting Bang Pandji di blognya www.pandji.com. Wah, postingan blog saja bisa membangkitkan semangat nasionalisme! Saya pun yakin target saya untuk menambah khazanah optimisme bangsa melalui menulis dan membuat buku akan terlaksana. 

Sedikit celoteh dan tulisan dalam blog ini nampaknya bisa jadi bahan tak ternilai untuk buku saya nanti. Dan buku tulisan saya itu akan menjadi bukti kalau bangsa ini bisa dan mampu untuk maju...amin. Doakan ya pembaca yang sengaja (ge'er..) dan yang terdampar ke blog sederhana ini..

Ok, ini adalah tulisan resensi buku ke #35 yang saya baca sebelum koass..
masih ada #15 buku lagi untuk penuhi target bacaan saya.
mungkin sampai tiga minggu kedepan tak akan ada update rensensi lagi karena saya harus menghadapi ujian sebagai mahasiswa kedokteran : OSCE, SOCA & Sidang Riset :) mohon do'a nya ya....

saya akan merindukan menulis di blog ini..

Pradipta Suarsyaf, CH, CHt
~pemuda Indonesia



Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial