Jumat, 08 Juni 2012

Berjalan Menembus Batas

"Menyerah berarti menunda masa senang pada masa datang"
~Ranah 3 Warna~


"Berjalan menembus batas" menjadi refleksi dari isi buku karya kompilasi A.Fuadi dkk. Berisikan kisah-kisah inspiratif para penulisnya menjadikan buku ini penuh motivasi dan pelajaran hidup yang tak ternilai harganya.


Merujuk pada beberapa buku biografi yang saya baca, disini saya kembali menyimpulkan bahwa tak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan perjuangan biasa. Semua kesuksesan membutuhkan usaha dan kerja keras yang lebih. Seperti apa yang dikatakan oleh Theodore Roosevelt :

"Aku hanya orang biasa, tetapi aku bekerja lebih keras dari pada orang biasa."



Buku ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

  • Bagian satu : Melawan Keterbatasan Harta
    • Dibagian ini saya tertarik dan salut dengan Ahmad Danuji yang harus berjuang menggapai citanya untuk terus melanjutkan studi sampai harus menjadi loper koran. Dengan usaha dan sabar ia mendobrak keterbatasan harta hingga bisa kuliah di PT.
  • Bagian dua : Melawan Rasa Sakit
    • Saya paling suka kisah "Ketegaran Shanum"
    • Shanum, seorang anak yang mencoba membanggakan bapaknya dengan belajar sungguh-sungguh untuk menjadi seorang dokter.
    • Kemalangan yang menimpanya bagai mata rantai tak bertepi, tapi ia tetap sabar dan mengambil hikmah dari setiap musibah yang menimpanya.
    • Ketika sedang kuliah kedokteran ia pernah berobat dan divonis menderita leukemia. Namun demi membahagiakan ayahnya, ia tak memberitahu keadaan kesehatannya hingga ia lulus menjadi dokter dan mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi di LN.
    • Dalam cerita ini kita bisa belajar bahwa "Allah tak akan memberika cobaan diluar kesanggupan hamanya.."
  • Bagian tiga : Menembus Batas Usaha
    • Dua kisah di bagian ini yang saya suka, "It's too good to be true" dan "The Power of Kiasu"
    • Belajar dari seorang janda beranak dua yang berhasil menembus keterbatasan nya demi mengejar cita menghasilkan banyak karya novel.
    • Sang Ibu yang sebenarnya adalah seorang arsitek ini punya bakat menulis dan itulah yang ia manfaatkan semaksimal mungkin, ia yakin akan quote ini : "kemampuan selalu diiringi dengan tanggung jawab. sehingga dalam kekuatan yang besar juga terdapat tanggung jawab yang besar" (kakek Peter Parker - Spiderman)
    • "The Power of Kiasu" ; Kiasu ini merupakan keyakinan orang China ketika berusaha dan bekerja sekeras mungkin sampai terkadang lupa tujuannya apa. Dalam kisahnya ini Aji membuktikan bahwa siapapun mungkin menembus ketidakmungkinan. Terbukti ia yang dari pedalaman jawa ini mampu kuliah engineering di Nanyang Technological University @ Singapore.
Ada kisah menyentuh yang sayang kalau tak saya tulis disini. Di bagian tiga buku ini berkisah sebuah keluarga yang ditinggal selamanya oleh ibu. Sehingga hanya tinggal bapak dan anak-anaknya.

Suatu ketika sang anak bangun ditengah malam sekitar jam satu malam dan melihat ayahnya sedang menyetrika bajunya.

"Lha, kok Bapak belum tidur?"


Bapak hanya menjawab, "Nduk, Bapak ingin melihat kalian tetap rapi dengan baju-baju kalian. Bapak ingin anak-anak Bapak tetap terawat walau Ibu sudah tidak ada"


Sebuah manifestasi ketegaran hidup dikisahkan dalam buku ini. Sehingga buku ini manjur dibaca untuk orang-orang yang sedang galau dan sedang putus asa, merasa dirinya yang paling sengsara. InsyaAllah tersindir dan akan termotivasi...


Terkadang musibah dan keterbatasan yang kita punya lebih baik jika dibandingkan apa yang terjadi dengan orang lain diluar sana. Maka nikmat Tuhan mu yang mana lagi yang kamu dustakan?

Poin penting lain dari buku ini adalah bagaimana segala hal yang kita impikan sangatlah mungkin untuk dicapai.



"Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya"
~Peter F. Drucker~



Poin terakhir yang saya tangkap, baca buku = sukses. Hampir semua kisah dalam buku ini menceritakan subjek nya yang gemar membaca buku. Mereka begitu lahapnya membaca buku, majalah, koran, dan lainnya. Karena melalui bukulah mereka bisa mencapai apa yang mereka raih.


So, marilah sama-sama menjadi insan-insan tak biasa yang terus berusaha menjadi yang terbaik dimanapun berada! Ganbatte!


Jangan lupa baca buku nya...
______________________________
buku #24 ! alhmdulillah.. baca 50# sebelum koass! smgd!
lanjut baca 'kitab kreativitas' The Biography of Steve Jobs


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial