Senin, 11 Juni 2012

Augmented Reality : When Digital Becomes So Real !

Minggu kemarin (10/6) Saya berkesempatan untuk ikut CHIP Meet Up v.8 di Plenary Hall JCC Senanyan, sekalian lihat-lihat sedikit teknologi laptop dan gadget terbaru di Festival Komputer Indonesia 2012 & Indonesia Celluler Show 2012. Yo, tema yang diangkat adalah "When Digital Becomes So Real". Sebuah kemajuan teknologi bernama Augmented Reality akan menjadi 'teman teknologi' kita saat ini dan akan datang.



Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi visualisasi yang memadukan dunia maya dengan dunia nyata. Teknologi AR memadukan bentuk 2D dan 3D dan memproyeksikannya ke dunia nyata. Tidak hanya diproyeksikan, kita juga dapat berinteraksi dengan objek yang diproyeksikan dengan AR tersebut. Teknologi ini menjadi  salah satu inovasi terbaru dalam industri digital.


Sayang, awalnya tidak semua orang dapat menikmati teknologi ini karena kendala keterbatasan device. Namun, kehadirannya kini dapat dengan mudah dinikmati berkat pengembangan teknologi AR pada OS perangkat mobile. Ya, dengan menggunakan OS Android minimal versi 2.2 / iPad kita bisa menikmati apa itu AR.


CHIP Meet Up v.8 "When Digital Becomes So Real" mengupas tentang teknologi Augmented Reality yang terbilang baru di pasar industri digital Indonesia. CHIP menghadirkan tiga pembicara terkemuka di bidangnya, yaitu :


1. Peter Shearer - Managing Director of AR&Co.
2. Agung Wijanarko - Business Development Director of Qualcomm
3. A. Kristiyanto - Head of Online and Social Media Division Indosat


Saya cukup tertarik dengan demo AR dari Peter Shearer. Wow, hanya dengan memegang gambar di webcam maka akan muncul proyeksi 3D dari gambar yang dipegang pada layar laptop. Bahkan ia bisa berinteraksi dengan proyeksi 3D tersebut. Awesome! 





Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial