Rabu, 04 April 2012

Kajian Spesial FMDM : Geliat Industri, Islam, & Kesehatan


GAMAIS ITB itu apa ya? Ayo kenal lebih dekat dengan salah satu Lembaga Keislaman terbesar di Institut Teknologi Bandung!
___________________
GAMAIS ITB berdiri akibat adanya berbagai tantangan yang dihadapi mahasiswa mulim pada masa awal tahun 80an. Kala itu bisa dikatakan kegiatan di dalam kampus ITB di dominasi oleh kelompok yang tidak akrab dengan kegiatan keislaman. Sebagian aktivis kampus saat itu bahkan secara terang-terangan menyatakan diri sebagai “kelompok kiri” yang cenderung sosialis atau marxis.



Sementara itu, sebagai akibat berbagai pelatihan yang menjangkau kalangan pelajar dan mahasiswa, banyak mahasiswa angkatan 80an yang telah memiliki idealisme keislaman ketika memasuki jenjang kuliah. Mereka yang masuk ke ITB mendapati bahwa ternyata hampir tidak ada ruang bagi mahasiswa muslim untuk mengekspresikan keislamannya di dalam kegiatan kemahasiswaan di kampus ITB.


Upaya pertama yang dijalankan para mahasiswa muslim adalah dengan mengadakan berbagai pengajian kecil di lingkungan jurusan yang disebut usroh, yang paling aktif dalam model kegiatan ini adalah kalangan angkatan 85 pada masa TPB. Dari berbagai komunikasi antar aktifis dari berbagai usroh jurusan, dicapailah sebuah kesepakatan untuk membuat sebuah kegiatan keislaman di kampus ITB. Dibentuklah panitia peringatan Isra’Mi’raj di kampus ITB. Panitia tersebut sepenuhnya mendapatkan dukungan dari aktiis muslim dari berbagai angkatan, khususnya angkatan 83 dan 84. Kegiatan di atas sukses dan menjadi tonggak baru bahwa di kampus ITB bisa diadakan kegiatan keislaman.


Dari berbagai komunikasi antar angkatan pula akhirnya dirancang sebuah kegiatan penting, yaitu Pesantren Mahasiswa. Acara ini dilaksanakan pada masa liburan panjang bulan Juni dan Juli 1986 di Pondok Pesantren At Taqwa di Ujung Harapan, Bahagia, Bekasi. Pesantren mahasiswa ini sepenuhnya dalam bimbingan dari tim yang dibentuk oleh Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang kala itu di bawah pimpinan Bapak Muhammad Natsir. Perhatian besar beliau dalam mendukung acara pesantren itu menyebabkan kegiatan bisa dijalankan hampir 2 bulan lamanya. Para Peserta dalam pesantren mahasiswa inilah yang nantinya menjadi motor berdirinya


Usai kegiatan ini, angkatan baru datang di kampus ITB, yaitu angkatan 86. Sejatinya kedatangan angkatan inilah yang memaksa munculnya GAMAIS ITB. Kesolidan angkatan ini dalam wadah Keluarga Mahasiswa Muslim 86 (KMM 86) sepanjang menjalani masa TPB mendorong para aktifis eks-pesantren mahasiswa membuat inisiatif besar. Adalah Herry Meoljanto (FT’83) yang mengkampanyekan pertama kali tentang perlunya wadah organisasi mahasiswa Islam di Kampus ITB. Salah satu momen kampanyenya bahwa sering dikenang sebagai sumpah setia pendirian GAMAIS ITB dilakukan di bawah menara Salman.


Pertemuan besar menginisiasi munculnya organisasi mahasiswa Islam ITB dilakukan di rumah kos Jauharul Fuad (Ti’83). Antusiasme terlihat dengan datangnya sekitar 100 mahasiswa muslim dalam acara ini. Disepakati akan dilakukan pembentukan organisasi mahasiswa muslim ITB melalui sebuah kongres di BLKP Lembang. Untuk mempersiapkannya dibentuk tim perumus AD/ART yang terdiri atas 5 orang, yaitu Heru Prabowo (EL’83), Munawar Kholil (IF’85),Yusri Suhud (MA’85), Budi Hartono (FT’86), dan Budi Youyastri (Si’86). Tim yang dipimpin Munawar Kholil ini berhasil menyusun draft AD/ART sesuai yang direncakan.


 Pada akhirnya momen penting sejarah terjadi. Kongres dilaksanakan di BLKP Lembang pada 29-30 Agustus 1987. Kebersamaan yang luar biasa menyebabkan proses pengesahan AD/ART berjalan sangat lancar, termasuk pemilihan nama GAMAIS ITB yang dihasilkan dari proses diskusi yang hangat. Tepat Tengah Malam, Ahad, 30 Agustus 1987, GAMAIS ITB berdiri bersama dengan pekik takbir yang membahana. Keesokan pagi dan sianganya, perangkat organisasi GAMAIS ITB angkatan pertama terbentuk. Jaka Sumanta (IF’85) terpilih sebagai Kepala GAMAIS ITB yang pertama, sedangkan Munawar Kholil (IF’85) terpilih sebagai Ketua MPAS ( Majelis Permusyawaratan Anggota Sementara ).


1. Jaka Sumintha, Teknik Informatika (IF) 1985
2. Ari Diantoro, Teknik Sipil (SI) 1984
3. TB Furqon S, Teknik Planologi (PL) 1986
4. Budi Youyastri, Teknik Sipil (SI) 1986
5. Ismail Ahmad, Teknik Fisika (FT) 1987
6. Harto Widodo, Teknik Geodesi (GD) 1988
7. Nurochim, Fisika (FI) 1989
8. Nico Syafrizal, Teknik Informatika (IF) 1990
9. Ibnu Utama, Teknik Industri (TI) 1991
10. A.Hafidz R, Telnik Perminyakan (TM) 1992
11. Vijaya Vitriyasa, Teknik Mesin (MS) 1994
12. Sandro Mihradi, Teknik Penerbangan (PN) 1995
13. Febri Nur hidayat, Teknik Fisika (FT) 1996
14. Johny Herwan, Teknik Material (MT) 1997
15. Dony Berni, Teknik Elektro (EL) 1998
16. Egi Bagja Suarga, Teknik Geofisika (TG) 1999
17. Imanullah, Oseanografi (GM) 2000
18. Jemmi Gumilar, Teknik Pertambangan (TA) 2001
19. Romzi Rio Wibawa, Teknik Pertambangan (TA) 2002
20. Tri Aji Nugroho, Teknik Informatika (IF) 2004
21. Ridwansyah Yusuf Achmad, Planologi (PL) 2005
22. Panji Prabowo, Teknik Fisika (FT) 2006
23. Adjie Wicaksana, Teknik Industri (TI) 2007
24. Bambang Tressando, Teknik Industri (TI) 2008
25. Adam Habibie, Teknik Geologi (GL) 2009


Visi
Satu keluarga menjadi Model LDK Nasional berbasis pembinaan dan kompetensi melingkupi seluruh sayap dakwah menuju Indonesia Islami
GAMAIS ITB sebagai pusat keislaman yang terbesar dan tersebar dengan basis pembinaan dan profesionalitas menuju ITB dan Indonesia islami


Misi
Terbentuknya kader-kader yang sesuai dengan profil kader Gamais ITB melalui kaderisasi yang berkelanjutan, sistematis, dan sinergis
Syiar dan pelayanan yang efektif dan efisien
Menstabilkan sistem keuangan Gamais
Koordinasi Gamais pusat dan wilayah yang sinergis dan harmonis menuju kemandirian wilayah
Mempererat ukhuwah Gamais dengan seluruh stakeholdernya serta membuka jaringan yang seluas-luasnya
Optimalisasi peran Gamais sebagai Badan Khusus PMLDK nasional dan membangun infrastruktur FS NAS XVI
Menjadikan Gamais ITB sebagai leader opinion di kampus
Mengoptimalkan peran Akpro sebagai bentuk syiar dan pelayanan
Menuju muslimah ITB yang berkepribadian Islami


Source :http://imss2012.com/about/gamais/


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial