Rabu, 25 April 2012

Find Your Passion & Reach Your Success !

Yatta!..mas, mba..ni saya mau sharing lagi buku ke-17 yang baru selesai saya baca. Oya, tulisan kali ini juga untuk memperingati Hari Buku Dunia yang jatuh pada 23 April 2012 kemarin. Selamat Hari Buku!


"Your Journey To Be The ULTIMATE U" judul bukunya :) Buah tulisan seorang Rene Suhardono Canoneo. Bisa dibilang di pakar dalam Public Speaking, Career Coach, Business Professional dan Entrepreneur. Dia juga termasuk trainer di program 'Indonesia Mengajar'-nya Anies Baswedan. Hoho..simak juga resensi buku "Indonesia Mengajar" disini.

Dari penampakan bukunya sih agak biasa ya..tidak terlalu menarik perhatian. Soalnya saya sudah sering lihat buku ini di Gramedia tapi saya lewati saja tanpa menyentuhnya. Nah, setelah akhirnya saya baca belakang bukunya.."Hmm, nampaknya menarik.." yowes akhirnya saya beli :)

Baik, dari segi penampakan sudah..nah, bagaimana dengan isinya? Nah, ini dia..tiga kata : UNIK ! SIMPLE ! NGENA ! (ups..maaf 'ngena' itu bahasa mana ya?...haha)


Disini Bang Rene (begitu saya menyebutnya.. :) ingin mengungkapkan sebuah pesan besar mengenai kebermaknaan dari apa yang kita lakukan dalam kehidupan. Bang Rene bilang kita hidup itu harus punya PASSION ! (klo buka kamus bahasa Inggris itu artinya 'keinginan besar', tapi klo kata Bang Rene artinya 'lentera jiwa' / 'panggilan hati'). Apaan sih sebenarnya PASSION itu? 

Ok, dari segi pengertian menurut Bang Rene,
"Your Passion is not what you're good at, It is what you Enjoy the most"
Nah, 'ngena' ga mas, mba?

Haha...maksudnya dari yang saya fahami. Passion itu adalah ketika kita mengerjakan sesuatu kita seperti lupa diri (itu lebay nya...), kita begitu menikmati apa yang kita kerjakan sampai-sampai kalau tak ada kewajiban lain mungkin kita akan betah mengerjakannya, tak ada paksaan, dan jika kita diminta untuk mengerjakannya maka kita akan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya. Bahkan mungkin kita yang minta diberi pekerjaan itu. Semua dilakukan karena kita bahagia dan puas mengerjakannya.

Setiap lembar saya lewati dengan ungkapan "ga nyesel beli buku ini..." karena   Bang Rene menyampaikan hal yang tak biasa dilakukan oleh kebanyakan orang dalam menyikapi apa yang dikerjakannya.

Menurut Bang Rene, saat ini kebanyakan orang bekerja tidak berdasarkan passion nya. Sehingga pekerjaan yang dilakukan saat ini sekedar untuk mencari uang dan mengorbankan kebahagiaan / kepuasan dalam mengerjakannya. Itulah orientasi yang ada pada masyarakat, UUD 'ujung-ujungnya duit'. Ups..tapi ga juga ya..karena banyak juga yang bekerja tanpa passion tapi bisa sukses. Tapi bisa dibayangkan bukan jika seseorang bekerja sesuai dengan passion nya? Tentu kehidupannya akan terasa lebih indah. Dan pada akhirnya akan berefek pada maksimalnya pekerjaan yang dilakukan. Dia senantiasa berpikir produktif dan bahkan inovatif. 

Makanya dalam buku ini Bang Rene bilang :

Bekerja tanpa Passion = Bekerja tanpa Karya !

Mau contoh?
Bill Gates dan Steve Jobs adalah orang-orang yang bekerja dengan passion mereka. Bagaimana Microsoft bisa sampai menjadi perusahaan yang luar biasa kaya, padahal dulunya diawali dari kesenangannya (passion-nya) otak-atik komputer di sebuah garasi rumahnya. Dan bagaimana estetika karya dari Apple bisa begitu disambut masyarakat dunia, semua berawal dari passion seorang Steve Jobs. Lihat! Passion merekalah yang pada akhirnya melayangkan nama mereka. Bekerja dengan Passion terbukti menciptakan mahakarya!

Maka beruntunglah bagi orang-orang yang saat ini sudah bekerja sesuai dengan passion nya :)

Sudah tersadarkan akan pentingnya passion dalam hidup kita?

Kita hidup itu kan seperti sebuah cerita. Maka buatlah cerita seindah mungkin. Your story is your past, present & future. Akan lebih indah jika cerita hidup kita benar-benar yang membahagiakan (ceritanya kita bekerja sesuai passion) sang tokoh cerita yang tak lain adalah diri kita. So, tak ada kata terlambat, find your passion, choose wisely and act on it. Embrace your passion !

Lalu bagaimana?
Yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi diri sendiri. 
Apakah passion kita? Bagaimana caranya menemukannya?

Hoho..ini saya mau share juga beberapa tips diluar buku Bang Rene tentang bagaimana menemukan Passion kita. 

Nah, cobalah ambil selembar kertas dan coba tuliskan setiap malam pekerjaan apa saja yang biasa kita lakukan, teruskan selama satu-dua minggu. Lalu perhatikanlah, kegiatan apa yang paling banyak dilakukan. Yang tanpa direncanakan pun kita pasti melakukannya. Hmm...walau itu bukan satu-satu nya cara tapi setidaknya bisa membantu kita menemukan Passion kita.

Oya, menurut yang saya baca passion itu terkadang mudah ditemukan dan kebanyakan sulit ditemukan. Itulah tantangannya! Bahkan ada yang baru menemukan passion nya setelah mencari selama 2 tahun.

Maka beruntunglah jika ada yang langsung bisa menemukan passion mereka..

Lalu, jangan samakan hobi dengan passion. Intinya, passion itu mungkin hobi, tapi hobi belum tentu passion. Hehe...ngerti apa bingung? Ya, ada baiknya baca bukunya...haha, karena kalo dijelaskan disini saya jadi nulis buku jadinya.. :)

Ada beberapa pesan yang bagus dari buku ini :

...The process to get there is more valuable than actually reaching the destination...

...take some risks..make yourself do what you fear.... 

karena berdasarkan penelitian hidup ini penuh resiko dan kekhawatiran.. dan tahukah bahwa 70% dari kekhawatiran seseorang itu tidak pernah terbukti, dan 30% kekhawatiran itu terbukti karena memang tidak bisa terhindarkan. So, masih takut ambil resiko memperjuangkan passion kita?

Passion tidak bisa berdiri sendiri, dia butuh complement. Apa? Passion butuh 'purpose of life' (segala hal yang paling penting dalam hidup) dan 'value' (segala hal yang diyakini). Jika semua ter-sinergi, bisa dibayangkan hasilnya kan? :) ya, hasilnya adalah your real strength...

...your purpose is your reason of being. It's the foundation of your existence...

hayoo apa tujuan hidup kita?...yok cari masing-masing..
kalau mau tahu lebih banyak tentang 'purpose of life' silakan baca bukunya ya...ato merenung dan coba baca Al-Qur'an :)

...finding purpose is about finding something that really matters to you...

...volunteering your TIME = the best avenue to find your purpose...

oya, terkadang kita ga bisa melepas apa yang sudah kita kerjakan sekarang demi menekuni passion kita...kalo kata Bang Rene :

Which one is riskier..being secure & safe OR being happy & fulfilled?...

dilema ga tuh? haha....  __yok sama-sama belajar ^_^

Hoho..saya suka bagaimana Bang Rene menjelaskan bahwa hidup kita ini harus kita seimbangkan...harapannya dengan beraktivitas/bekerja sesuai dengan passion kita, kehidupan akan lebih seimbang...

...everybody needs stability..the only sources of stability in life are God and family... 

hehe...tapi tetap Allah satu-satunya sumber pen-stabil kan ya?

Nah, dihalaman terakhir Bang Rene kasih pesan pamungkas :

Kekuatan terdahsyat untuk bekerja, berkarya, dan berkontribusi berasal dari dalam diri sendiri saat pikiran dan hati selaras. 

....Your real strength comes from the combination of your passion & clarity of your purpose.....

Pada kondisi ini tidak ada yang tidak mungkin dengan izin-Nya.

Yosh, alhamdulillah...selesai...
Sangat dianjurkan....silakan dibaca bukunya.. :)
menyegarkan...


Find Your Passion & Reach Your Success !

#17___kejar 50 buku sebelum koass! 







Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial