Sabtu, 18 Februari 2012

Kok Bisa Ke Luar Negeri Terus ? Tanya Bagaimana ?

Banyak yang bertanya "wah, enak ya bisa jalan-jalan terus.." "gimana caranya ya?" dan banyak pula yang beranggapan saya ini orang tajir yang kelihatannya kok setiap tahun ke luar negeri. Dengan tegas saya katakan tidak! Saya bukan orang tajir, saya ke luar negeri bukan bertujuan jalan-jalan walau itu salah satu efeknya :) tapi lebih kepada bagaimana dari setiap perjalanan saya bisa mengambil hikmah dan pelajaran hidup dari belahan dunia yang lain.

Lalu bagaimana saya bisa pergi ke LN hampir setiap tahun? Yang pasti ciptakanlah peluang. Peluang untuk mencari pengalaman ke LN bisa kalian dapatkan dengan ikut serta conference, seminar ilmiah, perlombaan, dan juga sampai ke peluang mendapat tiket lowest fare dari maskapai penerbangan! ^^

Ya, saya menciptakan peluang dari setitik mimpi yang saya tulis sejak awal kuliah lalu. Dan melancong nya saya ke 5 negara ASEAN itu merupakan ijabah pengharapan mimpi yang saya tuliskan tersebut. Lalu seakan Allah menuntun mewujudkannya, saya mendapat beberapa teman yang mau diajak ikut, lalu saya mendapatkan rezeki untuk bisa membeli tiket, dan untuk pergi ke 5 negara itu alhmdulillah kami mendapatkan tiket sangat murah (3x naik pesawat hanya Rp.2,3juta! Jakarta-Ho Chi Minh; Bangkok-Kuala Lumpur; Singapore-Jakarta).



Dan sebenarnya siapapun kini dapat dengan mudah ke LN. Tinggal bagaimana kesungguhan kita untuk mewujudkannya. Kalo cuma ngomong doang, "tahun depan ke Bangkok ahhhh...", trus ga take action, ya ke laut aja deh..pasti ga akan berangkat!.


Dari pengalaman saya, ada 2 sumber dana dibedakan dari peruntukan apa kita ke LN. Jika kita ke LN untuk ikut serta kegiatan yang behubungan dengan akademik dan kegiatan ilmiah, maka sumber dana bisa berasal dari kampus dan sponsorship. Sedangkan jika ingin sekedar berkunjung atau backpacking sumber dana berasal dari kantong sendiri. Maka karena saya memilih backpacking ke 5 negara ASEN itu, saya menabung sejak jauh hari.


Dan percayalah, saya total menghabiskan biaya kurang dari Rp.5juta untuk berkeliling ASEAN (Vietnam, Cambodia, Thailand, Malaysia, Singapore). Itu sudah termasuk :
1. 3x tiket pesawat one-way

2. akomodasi hostel/hotel
3. makan (layak ya...bukan berarti krn hemat kita makan ngasal :)
4. tiket bus antarnegara

5. transportasi lokal (MRT, Subway, taxi, tuk-tuk)


Murah bukan? ___menurut saya ini sangat murah. Coba rasionalisasikan biaya diatas dalam fikiran kalian.


Mau tahu tips pasti berangkat ke LN?

1. Kalau kita adalah mahasiswa, pastikan kita memperhitungkan kalender akademik yang memungkinkan kita pergi ke LN.
2. Beli tiket nya! __sejauh-jauhnya dari tanggal rencana keberangkatan. Dengan beli tiketnya maka kita akan dipaksa berfikir bagaimana dengan biaya selama disana. Pada akhirnya kita terpaksa menabung.

3. Tabung diawal, jangan sisihkan diakhir! ___ini sebenarnya konsep nabung yang paling jitu. Potong diawal, tabung, dan lihatlah apa yang terjadi!


Yosh...sudah dulu untuk posting kali ini.
__saya.di.rumah.cianjur :)


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial