Sabtu, 08 Oktober 2011

Review Buku 3-4 : Upgrading Skill with BACAKILAT !

Harus konsisten dan produktif! Ok, kawan ini adalah buku selanjutnya yang ingin saya share ke teman-teman sekalian.. Langsung aja buku pertama ini judulnya BACAKILAT "Kiat Membaca 1 Halaman/Detik". Kisah kenalnya saya dengan buku ini tak terlepas dari informasi dari teman saya, Abe Umaro. Saya tertarik ketika dia bilang beli bukunya ntar gratis workshop mengenai BACAKILAT^^. Insting anak rantau langsung bereaksi dan menyanggupi untuk membeli buku. Sekali mendayuh dapat pulau besar, begitulah^^ haha...

Jadi buku ini banyak menjelaskan mengenai pentingnya kita menyerap informasi dengan baik ditengah arus informasi yang sangat luarbiasa banyak disekitar kita. Lebih khusus buku ini mengajak pembacanya untuk mengamalkan BACAKILAT ini sehingga bisa bermanfaat sesuai dengan bidang/pekerjaan masing-masing. Seperti jika seorang mahasiswa membaca buku ini dan mempraktekan BACAKILAT, maka dengan sangat yakin buku ini menjanjikan akan banyaknya informasi yang tertanam dalam pikiran bawah sadarnya.





Terkait dengan fungsi pikiran inilah para ilmuwan banyak menelitinya terkait dengan kebermafaatannya dengan kemampuan mengingat. Pikiran manusia ada dua jenis, ada pikiran sadar yang mengelola memori jangka pendek, ada pula pikiran bawah sadar yang mengelola memory jangka panjang. Perumpamaan keduanya bagai fenomena gunung es, dimana pikiran sadar terlihat di atas pemukaan laut, dan pikiran bawah sadar berada dibawah laut. Dan sesuai fenomena gunung es, maka pikiran sadar hanya memberikan kebermanfaatan sebesar 20% dan sisanya 80% berada di pikiran bawah sadar.

Pada kenyataannya, yang lebih dominan kita gunakan hanya pikiran sadar saja tanpa menghiraukan daya serap pikiran bawah sadar. Oleh karena itu diperlukan sebuah cara untuk memunculkan potensi pikiran bawah sadar itu. Dan buku ini berusaha menjawabnya.

Berikut adalah rukun BACAKILAT :
  1. Masuk ke kondisi GENIUS
  2. Pandangan mata Reseptif
  3. Afirmasi Awal
  4. BACAKILAT
  5. Tutup
  6. Afirmasi Akhir
  7. Visualisasi
Secara umum nampaknya konsep BACAKILAT ini menggunakan cara Hypnosis sehingga hijab (hehe.. 'hambatan' maksudnya) antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar terbuka. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan informasi yang sudah didapat yang disimpan di pikiran bawah sadar ke pikiran sadar sehingga langsung dapat digunakan.

Oiya, Saya selalu ingat perkataan ini. Otak tidak bisa membedakan antara visualisasi dengan kenyataan. Maksudnya tahapan visualisasi dari rukun BACAKILAT diatas sangatlah penting karena dengan proses visualisasi inilah otak memberikan gambaran utuh sehingga dapat diwujudkan didunia nyata.

Mantap! Semoga bermanfaat bagi studi kedokteran saya. Amin..


Buku selanjutnya ini berjudul "Positive Thinking vs Positive Attitude" karya Mario Seto, pada intinya sama seperti buku "The Magic of Thinking Big" karyanya Mbah David Schwartz!

Ok, kawan. Terimakasih udah susah-susah main ke blog ini ya...

Sukses selalu...


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial