Minggu, 20 Februari 2011

Saya berfikir men-NON-AKTIF-kan akun saya di FB!

Facebook, Twitter, dan media sharing sosial lainnya benar2 membuat kita banyak membuang waktu dan tidak produktif. Setidaknya itu bagi saya, entah bagaimana dengan teman2 sekalian. Saya tertarik membahasnya disini karena cukup tersadarkan oleh penjelasan yang diberikan oleh seorang pakar sosial di sebuah line radio.



Beliau (yang saya ga tau namanya..) menjelaskan perkembangan teknologi saat ini terutama mengenai teknologi komunikasi telah sedikit banyak mempengaruhi budaya sosial dari masyarakat kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ini sangat bermanfaat dalam banyak hal dari mulai efisiensi waktu, uang, tenaga,dll.

Namun persoalan sosial memiliki suatu efek negatif tersendiri. Seorang yang sudah sangat 'termakan' oleh buaian teknologi semisal situs jejaring sosial menjadi hidup dengan dunianya sendiri. Menjadi jarang berinteraksi dengan manusia lainnya. Lebih banyak berkutat dengan komputernya, dan merasa bahagia dengannya.

Efek buruk yang secara tak sadar kita rasakan adalah begitu mudahnya kita mempercayai informasi yang terpampang di depan mata, misal di iklan dan berita di televisi, semua informasi di internet yang belum absah kebenarannya. Begitu saja menerimanya dan membuat info yang didapat sebagai sesuatu yang pasti benar. Terkadang info yang didapat hanya sebagian sehingga menimbulkan pemahaman yang berbeda bahkan salah.

Setidaknya saya sebagai mahasiswa kedokteran pernah merasakannya. Alih alih ingin mempermudah diri dengan mencari bahan diskusi kelompok dari internet, saya menjadi tidak mengerti secara substansial materi yang seharusnya saya fahami. Mengapa? Karena sudah merasa puas dan akhirnya kita tidak berusaha mencarinya di Textbook Kedokteran. Apakah anda pernah mengalaminya? Hahaha... setidaknya banyak teman2 saya seperti itu namun kebanyakan kapok dan benar2 belajar dari text book...

Balik lagi ke situs jejaring sosial...haha.. Saya berfikir untuk men-NON-AKTIF-kan akun saya di facebook! Semoga waktu itu segera akan tiba^^ Karena hambatan terbesarnya adalah semua informasi kuliah kebanyakan datang dari facebook... Setidaknya mulai hari ini saya akan mengurangi frekuensi facebook-an saya dan jika terpaksa membukanya itu karena ingin melihat info terkait kuliah dan info penting lainnya, dan tentunya buat fan page dari nanyaterus.com^^V

Selanjutnya terserah Anda!


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial