Senin, 25 Januari 2010

Mengatur Waktu

Sulitnya mengatur waktu... sampai update ni blog aja jadi terbengkalai... harusnya tiap bulan ada 4 artikel yang di posting di blog ini,... semoga kedepan bisa lebih teratur.. maka ada baiknya posting kali ini saya membahas ttg bagaimana kita mengatur waktu khususnya bagi mahasiswa kedokteran.


“Orang yang memanfaatkan waktu dengan buruk adalah orang yang pertama kali mengeluh tentang betapa singkatnya waktu mereka.”
(Jean De La Bruyere)



Kita semua memiliki masalah dengan waktu. Masalahnya adalah kita tidak dapat mengendalikan waktu. Kita tidak dapat menyimpannya. Yang bisa kita lakukan adalah menggunakan waktu itu sebaik-baiknya.

Jika kita merefleksikan kegiatan mengatur waktu pada mahasiswa kedokteran maka akan didapatkan sebuah kesimpulan bahwa seorang mahasiswa kedokteran harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Hal ini dikarenakan mahasiswa kedokteran memiliki jadwal kuliah yang padat dan mendapat tugas – tugas kuliah yang banyak.

Mungkin diantara kita – mahasiswa kedokteran – banyak yang kurang menggunakan waktu sebagaimana mestinya. Terkadang kita meremehkan suatu tugas sehingga membuat tugas-tugas terus menumpuk dan akhirnya kita kewalahan mengerjakannya. Bahkan terkadang kita mengonsumsi kafein sepanjang malam, belajar mendadak untuk ujian, dan melupakan waktu makan dan tidur.

Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengatur waktu kita, atau istilahnya kita harus menggunakan manajemen waktu untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut ini adalah alasan mengapa kita perlu melakukan manajemen waktu :

1. Membantu kita untuk membuat prioritas
2. Membantu kita untuk menghitung berapa lama waktu yang diperlukan
3. Mengurangi kecenderungan untuk menunda
4. Membantu kita menghindari jebakan waktu
5. Membantu kita mengantisipasi kesempatan
6. Memberi kita kebebasan dan kendali
7. Membantu kita menghindari “tabrakan waktu”
8. Membantu kita menghindari perasaan bersalah
9. Membantu mengevaluasi kemajuan kita
10. Membantu kita melihat gambaran besarnya
11. Membantu kita untuk melihat gambaran yang lebih besar lagi
12. Membantu kita mempelajari cara belajar yang lebih cerdas, bukan lebih keras

Setelah mengetahui alasan tersebut maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Walaupun mungkin waktu yang kita miliki tidak cukup untuk mengerjakan apa yang seharusnya kita kerjakan, tapi yakinlah ada cukup waktu untuk merencanakan sesuatu yang akan datang.

Seorang pemimpin pergerakan di Mesir pernah berkata, “Kewajiban kita lebih banyak dari pada waktu yang tersedia…”. Maka yang bisa kita lakukan saat ini adalah memanajemen waktu kita dan memaksimalkan kegiatan-kegitan yang ada sehingga kita mendapatkan apa yang kita cita-citakan.


Referensi :
Fry, Ron. 2005. Belajar Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras. Jakarta : Gramedia


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial